EDUKASI KESEHATAN MENGGUNAKAN PERMAINAN LEGHEZO (LET'S GO TO THE HEALTH ZONE)

Lina Handayani, Himatul Husna, Elisda Septiyani, Jihan Rizka Syafiya La Mona, Muamar Afdhal Mahendra, Yusuf Mahdiansyah Ma’ruf, Rahmadhani Miftakhul Khusna, Widodo Hariyono

Abstract


LEGHEZO merupakan sebuah permainan baru di bidang kesehatan berbentuk lingkaran berpetak. Di dalamnya terdapat berbagai macam penyakit serta informasi bagaimana cara melakukan pecegahan (health card) dan terdapat pesan-pesan spiritual, mental, serta sosial kesehatan yang harus dimiliki seorang anak. Selain itu terdapat beberapa tantangan berupa perintah yang harus dilakukan oleh pemain untuk menambah keseruan dari permainan yang terdapat dalam kartu aksi (action card). Permainan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada anak-anak dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak tentang pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Populasi dalam kegiatan ini adalah siswa SD Muhammadiyah Karangbendo, Banguntapan, Bantul. Bermain merupakan sarana bagi anak untuk mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan dan sekitarnya. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi anak untuk dapat mengembangkan kemampuan yang ada dalam dirinya dengan hati yang gembira.


Full Text:

1-9

References


Ardiansyah, F. 2014. Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Unesa, 2(3), pp. 671–674.

Dewi, N. U. 2018. Peningkatan Pengetahuan Gizi melalui Permainan. Kesehatan Tadulako, 4(1), pp. 1–56.

Edi, M. T. 2019. Permainan Ular Tangga sebagai Media Edukasi Seksualitas Remaja. Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 4(1), pp. 442–448.

Handayani, I. 2018. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan tentang Buah dan Sayur pada Siswa Mts-S Almanar Kecamatan Hamparan Perak. Jumantik, 3(1), Pp. 115–123.

Hutami, A. R. 2019. Penerapan Permainan Molegi (Monopoli Puzzle Kesehatan Gigi) sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD Negeri 1 Bumi. Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(2), Pp. 72–77.

Ichwan, M. 2016. Efektifitas Metode Permainan Edukatif Papeda terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan untuk Pencegahan Kejadian Diare pada Murid Kelas V Sdn 14 Poasia di Kecamatan Poasia Kota Kendari Tahun 2016.

Indah, A. P. 2016. Efektivitas Pencegahan Adiksi Video Game Menggunakan Ludo Game untuk Siswa Sekolah Dasar. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(9), pp. 317–322.

Kusmiati, A. M. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), pp. 17–23.

Labibah, A. 2015. Pengaruh Permainan Ular Tangga Modifikasi terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak. Medali Dental Intelektual, 2(1), pp. 1–4.

Layya, I. 2016. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Tatanan Rumah Tangga Berbasis Kerusakan Akibat Tsunami di Wilayah Kota Banda Aceh. J urnal Ilmu Kebencanaan (JIKA). 1(3), pp. 19–26.

Nur, H. 2013. Membangun Karakter Anak melalui Permainan Anak Tradisional. Pendidikan Karakter, 3(1), pp. 87–94.

Pratiwi, W. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Journal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), pp. 106–117.

Sara, P. 2016. Efektifitas Metode Pendidikan Kesehatan dengan Simulasi Permainan Ular Tangga terhadap Perubahan Sikap tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah di SDN 03 Singkawang Tengah.

Sutriyanto, K. 2016. Pengaruh Permainan Kartu Kasugi terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa. JSK, 1(4), pp. 193–200.

Wulanyani, N. M. S. 2013. Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan melalui Permainan Ular Tangga. Psikologi, 40(2), pp. 181–192.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2020.2.2.968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.