MENINGKATKAN NILAI TAMBAH PRODUK PERIKANAN MELALUI VARIASI OLAHAN DAN BRANDING PRODUK DI DESA SURODADI, KABUPATEN TEGAL

Sri Mulyani, Ike Desi Florina, Hendrayana Hendrayana

Abstract


Kegiatan usaha olahan ikan di Suradadi pada dasarnya sudah berkembang dengan baik. Produk olahan ikan yang berkembang meliputi pengolahan terasi, krupuk, ikan asin dan ikan asap hingga terdapat perusahaan pengolah rajungan dan ikan teri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk perikanan dengan pendekatan variasi olahan produk dan branding image. Metode pelaksanan dilakukan melalui 3 tahap yaitu persiapan dan pembekalan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Peningkatan nilai tambah produk perikanan dapat ditingkatkan melalui variasi olahan produk dan branding produk. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pesanan produk olahan melalui media online instagram, facebook dan  WhatsApp.

Full Text:

82-86

References


Nisa, A.K dan Wardani, A.K. 2016. Pengaruh Lama Pengasapan dan Lama Fermentasi Terhadap Sosis Fermentasi Ikan Lele (Clarias gariepinus). Jurnal Pangan dan Agroindustri. 4 (1) 367-376.

Setiana L. 2005. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Ghalia Indonesia. Bogor.

Setiawati, I dan Widyartati. 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. BIMA. 343-347.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2019.1.4.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.