PENINGKATAN KEMAMPUAN REMAJA SEBAGAI DUTA KESEHATAN DALAM UPAYA PERBAIKAN GIZI DI SMP NEGERI 1 KEMBARAN

Hiya Alfi Rahmah, Setiyowati Rahardjo

Abstract


Remaja putri merupakan kelompok yang berisiko menderita anemia dan mulai memperhatikan bentuk tubuh serta membatasi konsumsi makanan dan banyak pantangan terhadap makanan. Remaja merasa lebih nyaman untuk menyampaikan permasalahannya kepada teman sebaya. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan remaja putri terkait pengetahuan tentang anemia remaja, penyebab anemia, mengatasi body image dan perawatan kesehatan remaja. Peningkatan kemampuan remaja putri dapat dijadikan bekal remaja putri dalam memberikan pendampingan pada remaja lain dan penyuluhan di UKS maupun kegiatan lain seperti PMR dan Pramuka. Kegiatan yang dilakukan juga mendukung penyediaan prasarana berupa pojok baca UKS. Metode yang digunakan partisipatif dengan melibatkan mitra sebagai narasumber dan fasilitator. Peningkatan pengetahuan tentang pencegahan anemia diukur berdasarkan perubahan skor pretest dan posttest dengan uji statistik uji T dependen. Dari hasil pre post test pengetahuan 34 siswi, rata-rata pengetahuan pada saat pretest sebesar 61,18 ± 9,7 dan mengalami peningkatan pada saat posttest menjadi 71,57± 9,6. Setelah dilakukan edukasi gizi terdapat peningkatan rata- rata pengetahuan responden sebesar 16,98%. Terdapat perbedaan pengetahuan saat pretest dan post test yang signifikan (p<0,05).  Terpilih 12 siswi dengan peningkatan nilai tertinggi untuk dapat mengikuti pelatihan pengukuran status gizi  dengan tujuan utama memilih 3 siswi sebagai Duta Gizi Kesehatan SMPN 1 Kembaran. Duta kesehatan diharapkan mempunyai tugas sebagai penghubung antara siswa dengan pembina UKS dan tenaga puskesmas karena nantinya duta kesehatan akan selalu berada di tengah-tengah siswa, serta diharapkan dapat menjadi media transfer informasi yang tepat untuk mempercepat proses pendidikan gizi dan kesehatan kepada remaja.


Full Text:

54-59

References


Fitriani, S.2010. Promosi Kesehatan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Kusumawati E, Rahardjo S, Sistiarani C. 2017. Pengembangan Model Pemberdayaan Masyarakat Multifaktor dalam Upaya Menurunkan Kematian Ibu Melalui Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Kabupaten Banyumas. Laporan Penelitian Tahun 2017.

Kuswarini, D. I. F., 2016, Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Angka Kejadian Anemia Gizi Besi pada Mahasiswi, Prosiding Seminar Nasional Kesehatan.

Maulana, D. J. H. 2009. Promosi KesehatanEdisi I. Jakarta: EGC

Notoatmodjo, S., 2010, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta

Tarwoto, dkk. 2010. Kesehatan Remaja: Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.