PELATIHAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS DENGAN TEKNIK DECOUPAGE GUNA MENDORONG JIWA KEWIRAUSAHAAN DI RUMAH ASUH BAITII JANNATII

Muliasari Pinilih, Septi Fajarwati, Agung Prasetyo

Abstract


Rumah asuh Baitti Jannatii merupakan rumah asuh dan singgah bagi anak yatim, piatu, dan kaum dhuafa. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Rumah Asuh Baitti Jannatii mengandalkan pada bisnis katering dan donatur. Namun, pendanaan tidak dapat diandalkan sepenuhnya kepada bisnis katering dan donatur. Maka diperlukan alternatif lain sebagai sumber pendanaan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan decoupage dengan merubah barang bekas menjadi barang yang bernilai jual tinggi sehingga hasil tersebut dapat dijual. Maka dari itu, pengabdian ini juga memberikan motivasi untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Berdasarkan permasalahan mitra maka pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan decoupage serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam upaya mencapai kemandirian finansial. Metode pelaksanaan kegiatan dilalui dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan dan diikuti oleh 20 peserta dengan sangat baik dan antusias. Telah dihasilkan produk decoupage sebanyak 17 kerajinan centong decoupage dan 3 kerajinan piring decoupage. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dari peserta pelatihan dan peserta berkeinginan untuk menjadikan berwirausaha dengan memanfaatkan pengetahuan decoupage yang telah didapatkan sehingga akhirnya akan mampu untuk mencapai kemandirian finansial bagi keberlangsungan Rumah Asuh Baitii Jannatii.


Full Text:

10-15

References


Murni, Y., Hirdinis, & Iqbal, M. A. (2018). Pelatihan Decoupage Bagi Masyarakat Kampung Sawah, Kota Bekasi. Jurnal MITRA, 2(1), 65–76.

Nurlaila, & Yulastri, L. (2017). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Rawamangun Dalam Pelatihan Pembuatan Decoupage Dari Tissue Berbasis Industri Kreatif. Sarwahita, 14(02), 151–155. https://doi.org/10.21009/sarwahita.142.10

Nurmaya, Diana, N. E., Kurnianingsih, I., & Rosini. (2019). Pelatihan Peningkatan Nilai Produk Kerajinan Tangan Decoupage dan Pemasaran Produk untuk Ibu Rumah Tangga. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 53–59.

Sriwartini, Y., Radjagukguk, D. L., & Masnah. (2019). Pendampingan Membuat Decoupage dan Pemasarannya Melalui Media Online. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 181–190.

Sulistyowati, N., Iqbal, M. A., & Murni, Y. (2018). PKM Kerajinan Decoupage di Kelurahan Katulampa, Bogor Timur. In Konferensi Nasional PkM-CSR Ke-4 (pp. 23–25).




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2020.2.2.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.