PENGEMBANGAN KAPASITAS PENYULUHAN BERBASIS MASYARAKAT BERPERSPEKTIF GENDER DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA DI KECAMATAN SUMBANG, KABUPATEN BANYUMAS

Dyah Retna Puspita, Wahyuningrat Wahyuningrat, Pawrtha Dharma, Alizar Isna

Abstract


Banyaknya kasus perceraian dan keluarga “rawan cerai” di Kecamatan Sumbang menuntut peranserta yang lebih besar dari organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di kecamatan ini untuk mencegahnya, antara lain melalui kegiatan penyuluhan. Dalam kenyataannya, tingkat kemampuan para pengurus organisasinya baik di tingkat kecamatan maupun desa untuk melakukan penyuluhan yang sesuai dengan permasalahan kebutuhan komunitas setempat masih rendah. Untuk itu dilakukan upaya peningkatan kapasitas kepada mereka melalui kegiatan pelatihan sehari. Sasarannya adalah 24 orang yang terdiri dari Pengurus PKK Kecamatan Pokja I dan Ketua PKK Desa di semua desa. Metodenya adalah pemberian empat materi yang dibutuhkan yakni: (1) Peran strategis PKK dalam Pemberdayaan Keluarga dan Peningkatan Ketahanan Keluarga, (2) Pembangunan Keluarga dan Ketahanan Keluarga, (3) Fenomena Perceraian di Kecamatan Sumbang, serta (4) Penyuluhan Berbasis Komunitas Berperspektif Gender. Pemberian materi dilakukan secara interaktif melalui teknik ceramah dan diskusi yang diakhiri dengan pendampingan pembuatan Rencana Tindak lanjut (RTL). Evaluasi diberikan dengan memberikan sejumlah pertanyaan/pernyataan untuk masing-masing materi melalui teknik pre-test dan post-test yakni pengisian sebelum dan setelah pemnberian materi. Dengan teknik ini diketahui adanya peningkatan pengetahuan yang diterima setelah pemberian materi dari ke-4 materi tersebut. Diketahui pula adanya peningkatan sensitivitas gender melalui RTL yang dibuat yang tidak hanya menyertakan kelompok perempuan/istri sebagai sasaran penyuluhan ketahanan keluargannya, melainkan juga kelompok laki-laki melalui forum RT/RW dan Karang Taruna.

Kata kunci: penyuluhan ketahanan keluarga berbasis komunitas berperspektif gender, ketahanan keluarga, keluarga rawan cerai, Kecamatan Sumbang.


Full Text:

24-36

References


BPS. Nikah, Talak dan Cerai, serta Rujuk, 2007-2016. https://www.bps.go.id/l

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah dalam Angka Tahun 2018. https://jateng.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2012. https://banyumaskab.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2013. https://banyumaskab.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2014. https://banyumaskab.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2015. https://banyumaskab.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2016. https://banyumaskab.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2017. https://banyumaskab.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas dalam Angka Tahun 2018. https://banyumaskab.bps.go.id/.

J. Hardie,. Halliday and Amy Lucas, “Economic Factors and Relationship Quality Among Young Couples: Comparing Cohabitation and Marriage”. J. Marriage Fam. 2010 Oct; 72(5): 1141-1154.2010.

KUA Kecamatan Sumbang. Data Mentah Perceraian di Kecamatan Sumbang Tahun 2015.

Maysam Musai, Seyede Marzieh Fatemi Abhari, Saeed Garshasebi Fakhr, Farnaz Karbalai Hassan, Fatemeh Nikbin Sedaghati & Somayeh Miri. Divorce rate and Economic Factors in Iran. International Jourcal of Academic Research in Bussiness and Social Sciences, March 2014, Vol. 4. No. 3.Mohammadi, Seyed Mohammad Reza Ghaem & Fariba Chavoshzadeh Tafti . Socioeconomic Factors Affecting Divorce in Islamic Republic of Iran (Yazd). https://ijbssnet.com/journals/Vol_5_No_5_1_April_2014/25.pdf

Matondang, Armansyah. Faktor-faktor yang Menyebabkan Perceraian dalam

Perkawinan. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA. 2(2). 2014:

-150.

Muchimah. 2015. Faktor-faktor Penyebab Perceraian di Kalangan Buruh Migran (Studi Kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. http://digilib.uinsuka.ac.id/15904/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAK A.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.