PENGAWASAN BAHAN BAKU INDUSTRI PENGOLAHAN BEKICOT PT. KEONG NUSANTARA ABADI (WONG COCO) SERTA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA MOJOAYU KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI

Yogi Putranto, Achmad Wais, Harwi Fia Maraputra, Bayu Indra Patria

Abstract


Bekicot (Achantina fulica) merupakan salah satu bahan baku utama dari produk ekspor “bekicot dalam olahan garam” Industri PT. Keong Nusantara Abadi berada di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Keberadaan stock bahan baku bekicot tersebut menjadi penentu industry tersebut. Walaupun PT. Keong Nusantara Abadi juga melakukan diversifikasi usaha berupa nata de coco dengan bahan baku lidah buaya. Selain itu, industri tersebut juga melibatkan kaum perempuan dalam proses pengolahan. Hingga saat ini belum ada penelitian terhadap analisis stock bahan baku serta produksi bekicot untuk kebutuhan industri PT PT. Keong Nusantara Abadi dan peningkatan pendapatan perempuan Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode wawancara. Penelitian dilakukan di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Responden dalam penelitian ini antara lain yaitu kepala bidang produksi, kepala bidang quality control dan bagian administrasi PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebutuhan bahan baku bekicot selama periode produksi adalah 450 ton/tahun. Kesediaan bahan baku bekicot ini sangat bergantung pada musim penghujan. Keberadaan industri pengolahan bekocot ini menjadi salah satu faktor yang memberikan perubahan pendapatan kaum perempuan di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.

 

Kata Kunci: bahan baku, Achantina fulica, pemberdayaan perempuan

 


Full Text:

76-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.