PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER JENDERAL SOEDIRMAN MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF DAN BERBICARA PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANYUMAS

Gita Anggria Resticka, Erwita Nurdiyanto, Nila Mega Marahayu

Abstract


Jenderal Soedirman merupakan salah satu pahlawan nasional yang memiliki nilai karakter atau nilai kepahlawanan yang berupa sikap, jiwa dan semangat yang senantiasa ikhlas berkorban, pantang menyerah, teguh pendirian, pemberani serta memiliki moral dan perilaku yang pantas diteladani oleh generasi muda. Nilai-nilai tersebut perlu dijunjung tinggi dengan penuh kebanggaan dan diamalkan dalam berbagai kegiatan pembangunan serta kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pengenalan nilai-nilai kepahlawanan telah dilakukan dan disosialisasikan pada generasi muda melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini. Dalam menumbuhkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air dengan menjunjung nilai-nilai karakter yang berbudi luhur dalam diri siswa telah dilakukan melalui metode pembelajaran yang kreatif, inovatif yaitu melalui pembelajaran menulis kreatif dan berbicara dengan menggunakan media sastra berupa cerita pendek. Melalui media sastra cerita pendek inilah, siswa dapat menghayati perannya dalam kehidupan dengan menjunjung nilai-nilai karakter Jenderal Soedirman yang dituangkan dan dikembangkan dalam dunia imajinasi karya sastra serta sekaligus memberikan peran serta para siswa dalam membangun generasi muda berkarakter melalui pesan moral yang ditulisnya. Fokus pembinaan dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu keterampilan menulis kreatif khususnya cerita pendek, langkah-langkah menulis, langkah-langkah pembelajaran menulis, berbicara sebagai seni dan ilmu, serta ragam seni berbicara dengan mengambil tema nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh Jenderal Soedirman. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan dan berhasil. Hal ini dapat dilihat melalui karya sastra kreatif berupa cerita pendek yang dibangun dari penghayatan terhadap nilai-nilai karakter Jenderal Soedirman yang diabadikan dalam sebuah produk buku kumpulan cerita pendek. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap masalah-masalah dalam pembelajaran menulis kreatif dan berbicara pada siswa SMP Negeri 2 Banyumas, sehingga dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa siswa.


Full Text:

PDF 36-50

References


Achmad, Sri Wintala. 2016. Menulis Kreatif itu Gampang. Yogyakarta: Araska

Afandiyar, A.Y. 2010. Kenapa Guru Harus Kreatif. Edisi 4. Bandung

Agus, D.S. 2008. Mendongeng Bareng Kak Agus DS Yuk, Yogyakarta : Kanisius

Ariadinata, Joni. 2016. Aku Bisa Nulis Fiksi. Yogyakarta: Diva Press.

Ajisaka, Arya. 2008. Mengenal Pahlawan Indonesia Edisi Revisi. Jakarta : Kawan Pustaka

Jabrohim, dkk. 2013. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Noor, Redyanto. 2006. Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: Fasindo.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Beberapa teori sastra, metode kritik dan penerapannya.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Rohman, Saifur dan Emzir. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Saryono, Djoko. 2009. Dasar Apresiasi Sastra. Yogyakarta : Elmatera Publishhing.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung

: Angkasa

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Lickona, T. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta : PT. Bumi

Aksara

Sudaryanti. 2010. Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dlam Mewujudkan Warga

Negara yang Baik. Makalah tidak Diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Negeri

Yogyakarta

Subandi dan Kusneni. 2013. Bahasa Indonesia. Purwokerto: UPT Unsoed.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2021.3.1.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.