PENINGKATAN PRODUKSI IKAN LELE DUMBO DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN VITAMIN C

Nuning Setyaningrum, Sugiharto Sugiharto, Sri Sukmaningrum

Abstract


Desa Candiwulan salah satu desa di Kabupaten Banjarnegara yang memiliki potensi dalam bidang perikanan yang didukung dengan cukup tersedia air meskipun pada musim kemarau. Salah satu jenis ikan yang  dibudidayakan adalah ikan lele dumbo.  Kendala yang sering dihadapi dalam budidaya ikan lele dumbo adalah  tahapan pendederan yaitu tahapan awal pemeliharaan benih setelah persediaan kuning telur habis. Tahapan benih dalam budidaya ikan lele dumbo merupakan tahapan kritis sehingga kelangsungan hidupnya rendah. Kelangsungan hidup benih ikan lele dumbo rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri sehingga perlu penanganan yang lebih intensif. Pencegahan perluasan penyakit dapat dilakukan secara dini, antara lain dengan peningkatan kekebalan tubuh dengan penambahan suplemen vitamin C dalam pakan. Tujuan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah mendidik masyarakat desa Candiwulan menjadi paham dengan manajemen pemberian  suplemen vitamin C dalam pakan  untuk meningkatkan kelangsungan hidup benih ikan lele dumbo. Metode yang digunakan Partisipasi Aktif, meliputi pembekalan teori, praktek lapang, demonstrasi plot dan pendampingan. Hasil  realisasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dibedakan dalam tiga tahap yaitu: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi hasil. Persiapan dilakukan setelah melakukan survei. Pelaksanaan program dilakukan secara  fisik dan non fisik. Kegiatan fisik dievaluasi berdasarkan pemantauan sikap dan aktivitas peserta selama mengikuti ceramah serta praktikum, sedangkan  non fisik dievaluasi berdasarkan pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan selama berlangsungnya ceramah dan diskusi. Evaluasi hasil program dengan menghitung pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan lele dumbo yang diberi suplemen vitamin C selama 2 bulan. Pemberian suplemen vitamin C dapat meningkatkan berat dan kelangsungan hidup benih ikan lele dumbo. Transfer teknologi dapat dilaksanakan oleh masyarakat terutama kelompok Karang Taruna Mardi Utomo di Desa Candiwulan Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.

Kata kunci: lele dumbo, pertumbuhan, vitamin C, desa Candiwulan


Full Text:

1-7

References


Anderson,.D.P. 1974. Fish Immunology. TFH Publication Ltd. Hongkong.

Johnny, F., K. Mahardika, I.N.A. Giri dan D. Roza. 2007. Penambahan Vitamin C dalam Pakan untuk meningkatkan Imunitas Benih Ikan Kerapu Macan, Epinephelus fuscoguttatus terhadap Infeksi Viral Nervous Necrosis. Jurnal Akuakultur Indonesia 6(1) : 43-53.

Nuranto. 1991. Pengaruh Vitamin C Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele (Clarias batrachus). Tesis. PPs. Institut Pertanian Bogor. 73hal

Roza, D., F. Johnny, dan Zafran. 2010. Pengembangan Vaksin Bakteri untuk meningkatkan Imunitas Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) terhadap Penyakit Infeksi. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur.

Suprayudi, M. A., L. Indriastuti,, dan M. Setiawati. 2006. Pengaruh PenambahanBahan-Bahan Imunostimulan Dalam Formulasi Pakan Buatan TerhadapRespon Imunitas dan Pertumbuhan Ikan Kerapu Bebek, Cromilepte saltivelis. Jurnal Akuakultur Indonesia, 5(1) : 77-86.

Setyaningrum, N dan E.S. Wibowo. 2016. Potensi Reproduksi Ikan Air Tawar Sebagai Baby Fish. Jurnal Biosfera 33(2):85-91.

Yuniarsi,T,., L. Santoso dan E. Harpeni. 2013. Pengaruh Penambahan Ragi (YEAST) Dan Vitamin C Pada Pakan Buatan Sebagai Imunostimulan Terhadap Respon Imun Non Spesifik Ikan Mas (Cyprinus carpio) Yang Diuji Tantang Aeromonas salmonicida. Skripsi Fakultas Perikanan Unila. Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.