PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA SILIR

Primi Marita Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program bimbingan belajar yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa selama pandemi Covid-19 berlangsung di Desa Silir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan langsung di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah dari hasil observasi dan wawancara. Subjek atau sasaran penelitiannya adalah kelas I-VI Sekolah Dasar. Lokasi penelitiannya adalah di Dusun Ndawuhan RT. 16 RW. 05 Desa Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PAR atau Participary Action Research. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, program bimbingan belajar untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 yang diberikan secara gratis di Desa Silir berjalan dengan baik dan lancar. Dengan bimbingan belajar, siswa sangat terbantu dalam mengatasi masalah belajar seperti ketidakmampuan dalam mengoperasikan aplikasi pembelajaran, kesulitan dalam menyelesaikan masalah, kesulitan memahami materi pembelajaran, keterbatasan buku ajar atau materi ajar, dan keterbatasan kuota internet untuk belajar. Meskipun dengan beberapa kesulitan dan masalah yang ditemukan dalam bimbingan, semangat siswa dalam belajar tidak menurun. Serta dengan adanya ragam kegiatan dan keterampilan tambahan, siswa menjadi memiliki motivasi semangat belajar yang tinggi dan semakin rajin untuk mengikuti program bimbingan belajar yang telah disediakan.


Full Text:

PDF 14-23

References


Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 496-503.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 62-71.

Reason, P., & Bradbury, H. (2008). Action Research Participative Inquiry and Practice. California: SAGE Publications.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika , 81-86.

Wahyono, P., H. Husamah, & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Riview Implementasi, Tantangan , dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 51-65.

Yuliana. (2021). Corona Virus Deseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 187-192.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2021.3.4.1556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.