PENINGKATAN PENGETAHUAN MELALUI EDUKASI COVID-19 DAN UPAYA PEMUTUSAN MATA RANTAI PENULARANNYA BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Rina Wijayanti, Asih Puji Lestari, Chilmia Nurul Fatiha

Abstract


COVID-19 menyebar secara luas dan cepat mengakibatkan pandemi global hingga saat ini. Terkonfirmasi sebanyak 584 anak positif COVID-19 dan 14 anak meninggal. Meski telah dinyatakan sembuh dari COVID-19, anak-anak dapat mengalami stress, gejala psikofisik termasuk depresi, ketakutan dan kecemasan dalam waktu lama. Penanaman pemahaman mengenai pencegahan COVID-19 perlu ditanamkan sejak usia SD. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai COVID-19 dan upaya pemutusan mata rantai penularannya bagi peserta didik SD Islam Istiqomah. Metode pelaksanaan berupa komunikasi, informasi dan pemberian edukasi mengenai COVID-19 dan upaya pemutusan mata rantai penularannya melalui daring memanfaatkan platform zoom.  Keberhasilan kegiatan ini diukur melalui peningkatan nilai pre-post test yang dilaksanakan sebelum dan sesudah kegiatan. Terdapat perbedaan bermakna pada nilai pretest dibanding posttest (P<0.05). Hasil kegiatan pengabdian yang diperoleh adalah peningkatan pengetahuan mengenai covid-19 dan upaya pemutusan mata rantai penularannya bagi peserta didik SD Islam Istiqomah Ungaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Full Text:

PDF 1-7

References


Balachandar, Vellingiri et al., 2020, Follow-up Studies in COVID-19 Recovered Patients - is it Mandatory?, India; Bharathiar University, journal homepage: www.elsevier.com/locate/scitotenv

Gorbalenya, A. E. et al., 2020, The species Severe acute respiratory syndrome-related coronavirus: classifying 2019-nCoV and naming it SARS-CoV-2’, Nature Microbiology, 5(March). doi: 10.1038/s41564- 020-0695-z.

https://corona.jatengprov.go.id diakses pada tanggal 16 Oktober 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Sebaran Kasus COVID-19 Di Jawa Tengah.

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), https://www.idai.or.id/

Pradana,Anung Ahadi et al., 2020, Pengaruh Kebijakan Social Distancing Pada Wabah Covid-19 Terhadap Kelompok Rentan Di Indonesia. Bekasi ; STIKes Mitra Keluarga, Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI, Vol. 09, No. 02

Rohita, R., 2020, Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315-326.

Suni ,Nur Sholikah Putri, 2020, Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease, Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Supriatun,Evi et al., 2020, Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Di Rumah Yatim Kota Tegal. Tegal: STIKES BHAMADA SLAWI , Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, Vol. 1, No.2

Suyatmin, S., & Sukardi, S., 2018, Development of Hygiene and Healthy Living Habits Learning Module for Early Childhood Education Teachers. Unnes Journal of Public Health, 7(2), 89–97. https://doi.org/10.15294/ujph.v7i2.19470

World Health Organization, WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard, [Online], Diakses dari: https://covid19.who.int/?gclid= Cj0KCQjwoPL2BRDxARIsAEMm9y_Sgy Yl34pvGeOELLPw4QQZM9nnugUYKmGOCQgVCA1tmYAEzcpp3IaAnKREALw_wcB [2020, 16 Oktober].

Wu Z, McGoogan JM. Characteristics of and important lessons from the coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak in China. Summary of a report of 72 314 cases from the Chinese Center for disease control and prevention. JAMA 2020. Tersedia di: https://jamanetwork.com/.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2021.3.1.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.