PELATIHAN PENGGUNAAN MENDELEY BAGI MAHASISWA GUNA MENGELOLA REFERENSI ILMIAH

Muliasari Pinilih

Abstract


Penggunaan aplikasi referensi dalam mengelola referensi ilmiah sangat diperlukan dalam menunjang penulisan karangan ilmiah terutama bagi mahasiswa. Namun, berdasarkan hasil tanya jawab, didapatkan banyak mahasiswa yang tidak mengetahui cara melakukan sitasi dan penulisan daftar pustaka sehingga banyak mahasiswa yang abai ketika melakukan penulisan karangan ilmiah. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka adalah dengan pelatihan aplikasi Mendeley. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan memberikan pelatihan aplikasi Mendeley sehingga mahasiswa dapat mengelola referensi ilmiah dan mempermudah dalam penulisan sitasi serta daftar pustaka. Metode pelaksanaan ini dibagi menjadi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan ini dibagi menjadi empat kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 15 mahasiswa dan dilakukan dengan daring. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa peserta mampu menerapkan Mendeley untuk proses sitasi dan penulisan daftar pustaka dalam menunjang penulisan karangan ilmiah mahasiswa.


Full Text:

PDF 17-23

References


Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 9(1).

Hartanto, D., Rengga, W. D. P., Bahlawan, Z. A. S., Pradnya, I. N., Sammadikun, W., & Sutrisno, A. (2019). Pelatihan Aplikasi Turnitin Dan Mendeley Software Bagi Mahasiswa Unnes Dalam Rangka Peningkaatan Kompetensi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 272–275. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i1.239

Pahmi, Ardiya, Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849

Rahmawati, C., Meliyana, Yuliana, & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200

Sandika, I. K. B., Wijaya, I. N. S. W., & Pratama, I. P. A. (2019). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word Dan Mendeley untuk Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Otomatis Bagi Guru di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti, 1(2), 42–46.

Sari, R. K., Bangapadang, S. B., & Hidayat, C. H. (2019). Analisis Peran Perguruan Tinggi Terhadap Bonus Demografi Di Indonesia. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 101–107. https://doi.org/10.2207/jjws.88.427

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319

Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13525




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dj.2021.3.1.1270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.