PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN MELALUI PENDEKATAN HIPNOMOTIVASI

Taufik A

Abstract


Motivasi belajar mempengaruhi prestasi dan hasil belajar sehingga perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran. Hipnomotivasi adalah terapi psikologi yang menggunakan metode hipnosis dengan teknik- teknik tertentu untuk mengatasi masalah psikologi. Hipnomotivasi bekerja pada alam bawah sadar yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hipnomotivasi terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan di lingkungan jurusan keperawatan UNSOED. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain experiment dengan pendekatan pre and post control group with control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan purposive sampling. Jumlah sampel didalam penelitian ini adalah 70 dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 35 menjadi kelompok intervensi dan 35 sebagai kelompok kontrol. Kelompok intervensi mendapat hipnomotivasi seminggu sekali selama 4 minggu. Motivasi diukur sebelum dan setelah perlakuan dengan kuesioner. Selisih skor rata-rata skor motivasi belajar adalah 1,0 dengan nilai P value 0,000. Hasil pengujian tersebut memberikan gambaran pada kelompok intervensi, bahwa terdapat kenaikan yang signifikan terhadap nilai motivasi belajar pada mahasiswa. Sedangkan pada kelompok kontrol cenderung tetap bahkan ada yang  mengalami penurunan, dengan nilai selilisih rata- rata  skor motivasi belajar 0,003 dengan nilai P value 0,869. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan untuk menjadi sebuah alternatif yang dapat dilakukan melalui terapi hipnomotivasi khususnya untuk mahasiswa yang bermasalah dengan membuat program terjadwal oleh Jurusan Keperawatan UNSOED.
 
Keyword:  Hipnoterapi, Motivasi Belajar, Motivasi, Mahasiswa keperawatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.