PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEER EDUCATOR DALAM UPAYA PENDIDIKAN SEBAYA MENGENAI PENCEGAHAN KEJADIAN ANEMIA

Erna Kusumawati

Abstract


Remaja putri lebih rentan terkena anemia karena remaja berada pada masa pertumbuhan yang membutuhkan zat gizi yang lebih tinggi termasuk zat besi. Pengetahuan dan sikap remaja putri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kejadian anemia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap peer educator dalam upaya pengembangan peer educator dalam tentang pencegahan kejadian anemia. Metode penelitian adalah quasi eksperimental dengan desain pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 99 remaja di wilayah kerja Puskesmas Kedungbanteng dan Puskesmas I Kembaran. Remaja yang tidak pernah terpapar informasi mengenai anemia yaitu 75,8%. Sumber informasi tentang anemia yang diterima remaja dari internet dan sosial budaya yaitu 30,3%, petugas kesehatan 24,2% dan guru 20,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap peer educator setelah diberikan pendidikan gizi (p = 0,000; p = 0,000). Ada perbedaan pengetahuan dan sikap peer educator setelah diberikan pendidikan gizi. Untuk mencegah kejadian anemia pada remaja dapat dilakukan pendidikan gizi yang berkelanjutan yang berupa diskusi kelompok, bermain peran dan pendidikan sebaya.
 
Kata Kunci: pendidikan gizi, pendidik sebaya, pengetahuan, sikap, anemia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.