STRUKTUR, PERILAKU DAN KINERJA PASAR (KASUS PEMASARAN GULA KELAPA KRISTAL ASAL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS)

Adwi Herry K.E

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi struktur, perilaku dan kinerja pasar pada kasus pemasaran gula kelapa kristal asal Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Metode survai deskriptif dan eksplanatori digunakan dalam penelitian ini. Sampel produsen ditentukan dengan metode Simple Random Sampling, sedangkan sampel pedagang ditentukan dengan metode Snowball Sampling. Jumlah sampel produsen diperoleh sebanyak 36 responden dan sampel pedagang kecil sebanyak 11 responden dan pedagang besar 5 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar gula kelapa kristal di tingkat produsen dari sisi pembeli tergolong oligopsoni longgar, sedangkan pada tingkat pedagang desa tergolong oligopsoni ketat, sedangkan struktur pasar pada tingkat pedagang besar dan dari sisi pembeli tergolong oligopsoni ketat. Penentuan harga pasar baik di pasar tingkat produsen, tingkat pedagang kecil dan pasar tingkat pedagang besar dan tingkat pemasok adalah dominan ditentukan oleh pihak pembeli. Namun kinerja pasar pada kasus pemasaran gula kelapa kristal asal Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tergolong cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan yaitu pihak produsen mendapatkan farmer‟s share sekitar (66-81)%.
Kata Kunci: struktur perilaku, kinerja pasar, gula kelapa kristal, concentration ratio

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.