ANALISIS PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PERMINTAAN KUANTITAS PRODUK PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS (Suatu Pendekatan Teori Technology Acceptance Model)

Dona Primasari

Abstract


Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk memperkaya perkembangan ilmu, khususnya pengembangan UMKM terkait dengan adopsi teknologi informasi dengan kajian menggunakan Technology Acceptance Model.  Tujuan khusus penelitian adalah untuk menelaah faktor-faktor apakah yang menghambat adopsi teknologi e commerce pada UMKM di Kabupaten Banyumas, serta menelaah apakah adopsi e- commerce berdampak pada peningkatan permintaaan kuantitas produk pada UKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui antar langsung kepada pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas yang menjadi responden.  Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling. Sedangkan untuk analisis data mengunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0 dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Technology Acceptance Model  mampu menjelaskan instensi para pelaku UMKM untuk menggunakan teknologi e-commerce.  Hasil penelitian juga berhasil menerima 3 (tiga) hipotesis yaitu Perceived usefulnes  berpengaruh terhadap use behavior, Perceived ease of use berpengaruh terhadap use behavior, use behavior  berpengaruh terhadap peningkatan permintaan kuantitas produk.  Hasil penelitian juga menunjukkan implementasi ecommerce tidak berpengaruh terhadap persepsi manfaat (perceived usefulness), Implementasi ecommerce tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan pengoperasian sistem  (perceived ease of use) atau dengan kata lain menolak 2 (dua) hipotesis lainnya.
 
Kata kunci: E-commerce, perceived usefulnes, perceived ease of use, use behavior,peningkatan permintaan, TAM  (Technology Acceptance Model)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.