ANALISA PENGARUH STEREOTYPES GENDER DAN ENTREPRENEURSHIP CHARACTERISTIC TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTIONS (Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman)

Dyah Perwita

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh stereotypes gender dan entrepreneurship characteristic terhadap entrepreneurial intentions pada mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Stereotypes gender menciptakan perbedaan perilaku terhadap laki-laki dan perempuan yang berdampak pada perbedaan kesempatan dalam aktivitas kehidupan. Entrepreneurship characteristic menunjukkan sikap-sikap dan tindakan yang dilakukan sebagai seorang wirausaha. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner yang berisi pernyataanpernyataan yang disesuaikan dengan indikator variabel penelitian. Jumlah responden adalah 115 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman minimal telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menggunakan proksi stereotype gender, entrepreneurship characteristic dan entrepreneurial intentions. Kuesioner menggunakan kuesioner kepribadian kewirausahaan yang mengacu pada alat ukur Entrepreneurial Charactersitics Questionnaire (ECQ). Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif stereotypes gender terhadap entrepreneurial intention dan terdapat pengaruh positif entrepreneurship characteristic terhadap entrepreneurial intention. Semakin tinggi stereotypes gender maka dapat meningkatkan entrepreneurial intention. Semakin tinggi entrepreneurship characteristic dapat meningkatkan entrepreneurial intention.
 
Kata Kunci: stereotypes gender, entrepreneurship characteristic, entrepreneurial intentions

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.