ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KAPABILITAS INTEGRASI MITRA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM BATIK DI BANYUMAS

Viviana Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan kapabilitas integrasi mitra terhadap kinerja pemasaran UMKM Batik di Banyumas. Pengumpulan data dilakukan secara empirik melalui pemilik UMKM Batik yang tersebar di Kecamatan Banyumas yang terdiri dari Desa Pekunden, Pasinggangan, dan Sudagaran, Papringan serta Kecamatan Sokaraja yang terdiri dari Desa Sokaraja Lor, Sokaraja Kidul, Sokaraja Tengah, Sokaraja Kulon dan Karang Duren.  Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dengan survei menggunakan kuesioner. Pengujian model dan hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM). Orientasi kewirausahaan dan kapabilitas integrasi mitra dalam penelitian ini dijadikan variabel independen yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, sehingga semakin tinggi orientasi kewirausahaan yang dimiliki pelaku usaha dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Integrasi mitra berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, sehingga semakin tinggi kapabilitas integrasi mitra yang dilakukan pelaku usaha maka semakin meningkatkan kinerja pemasaran. 
 Kata kunci: Orientasi Kewirausahaan, Integrasi Mitra, Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.