Produk “Ready to drink” Buah Carica di Wonosobo Jawa Tengah

Sri Widarni

Abstract


Buah Carica merupakan produk unggulan dan sekaligus terdaftar sebagai produk indikasi geografis Wonosobo. Beberapa UKM pengolah Carica yaitu KUB Berkah Mandiri (Merk Patara) dan UD. Podang Mas (Merk Carica). Permasalahan utama dalam pengembangan Carica adalah: 1) belum ada produk diversifikasi carica dengan karakteristik aroma dan rasa khas carica yang dipertahankan; 2) limbah pengolahan koktail carica belum dimanfaatkan; 3) keterbatasan varian kemasan koktail carica; 3) kemasan plastik koktail carica yang saat ini digunakan kurang tahan lama; 4) pengelolaan UKM masih sederhana; 5) keterbatasan pemasaran. Kegiatan utama dalam program IbPUD adalah pengembangan minuman ready to drink carica. Tujuan umum kegiatan ini adalah menerapkan teknologi pengolahan minuman ready to drink carica untuk meningkatkan kuantitas produksi, kualitas produk dan sumber daya manusia, pemasaran, serta daya saing UKM di Kabupaten Wonosobo. Kegiatan yang telah dilaksanakan: 1) Diseminasi teknologi : Peningkatan mutu dan umur simpan koktail carica dalam kemasan plastik dengan penambahan bahan tambahan pangan dan perbaikan proses produksi; 2) Penyusunan SOP koktail carica dalam kemasan plastik; 3) Analisis fisikokimia carica (buah mentah, buah mengkal, pulp, biji) dan koktail carica; 4) Pengembangan minuman ready to drink carica: a) Penyiapan bahan dan peralatan (press hidrolik, mesin pulpy, mesin sentrifugasi, refrigerator, genset, mesin pembuat selai, mesin pengering kabinet, mini roaster kopi biji carica, pasteurizer, display cooler, stainless dan plastic equipment); b) fiksasi formula dan proses (puree carica, konsentrat carica, sirup carica, jelly drink carica, nata de carica, pulpy carica, selai carica, kopi); c) pelatihan dan pendampingan produksi pulpy, jus, kopi di UKM mitra; d) verifikasi dan validasi formula serta proses (pulpy, jus, kopi); e) analisis kimia produk baru (pulpy, jus, kopi); f) penyiapan kemasan dan label; g) pengenalan produk baru kepada konsumen (lomba olahan carica dan pameran produk carica); h) produksi kontinu produk baru pada skala kecil; 5) analisis usaha UKM; 7) pembuatan artikel di media cetak; 8) pembuatan artikel untuk seminar nasional; 9) pembuatan buku teknologi tepat guna; 10) video profil UKM IbPUD, video proses pembuatan selai dan jelly drink carica.
 
Kata kunci : carica, minuman ready to drink, pemanfaatan limbah, peningkatan aset dan omset UKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.