PENDAMPINGAN PENERAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN LINGKUP DAN ATRIBUT PRODUK UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SERTA BRAND IMAGE PRODUK KERAJINAN UKM RAJUT HIRA

Eling Purwanto Jati

Abstract


UKM Rajut Hira adalah UKM rajut yang ada di Desa Kalikajar Purbalingga, yang dalam kegiatan usahanya, tidak hanya berorientasi bisnis semata, namun juga memiliki misi sosial, yaitu untuk memberdayakan ibu rumah tangga yang berada di Desa Kalikajar, agar dapat melakukan kegiatan ekonomi produktif untuk menambah pendapatan rumah tangga mereka. Seiiring dengan perkembangan usahanya UKM membutuhkann pendampingan untuk meningkatkan daya saing produk rajut yang dihasilkan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk : 1) Meluaskan segmen pasar produk rajut mitra, 2) Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) produk rajut mitra, 3) Menguatkan citra merek (brand image) produk rajut mitra, dan 4) Meningkatkan nilai jual produk mitra. Kegiatan PPM Berbasis Riset ini merupakan kegiatan multi tahun, dengan prioritas kegiatan telah dilakukan pada tahun pertama meliputi : 1) Pelatihan pembuatan produk rajut untuk segmen pasar remaja berupa produk sling bag, wristlet dan pouch wallet, 2) Pembuatan brand label produk rajut mitra, 3)  Pembuatan descriptive label produk rajut mitra, 4) Pembuatan kemasan primer dan sekunder produk rajut mitra. Seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Kegiatan yang dilakukan terbukti memberikan manfaat besar bagi peningkatan kapasitas usaha mitra, serta memperkuat identitas dan citra produk rajut Hira di mata konsumen.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.