URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) di PURWOKERTO

Sofiatul Khotimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penelitian tindakan kelas (PTK) dalam memperbaiki proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) Purwokerto. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Mutu pembelajaran merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  Pendidikan merupakan salah satu komponen fundamental dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari proses pembelajaran yang efektif di kelas. Efektivitas proses pembelajaran di kelas dapat diukur dengan beberapa indikator diantaranya yaitu : 1) pengorganisasian materi yang baik, 2) komunikasi yang efektif, 3) penguasaan dan antusiasme terhadap materi pelajaran, 4) sikap positif terhadap siswa, 5) pemberian nilai yang adil, 6) keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan 7) hasil belajar siswa yang baik. Indikator-indikator tersebut dapat tercapai apabila guru (pendidik) menemukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu langkah konkrit yang dapat dilakukan pendidik (guru) dalam memperbaiki proses pembelajaran salah satunya dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, Dengan adanya penelitian ini, diharapkan akan meningkatkan motivasi guru (pendidik) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Purwokerto dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk memperbaiki proses pembelajaran. Kata Kunci : Pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.