MINAT BELI DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN BATIK DI BANYUMAS

Retno Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli dan karakteristik konsumen batik khususnya di daerah Banyumas. Multimethod digunakan dalam penelitian ini, dengan mengkombinasikan data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Data yang bersifat kuantitatif didapatkan melalui kuesioner yang bersifat tertutup, sedangkan data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dengan responden. 100 orang konsumen batik di Banyumas menjadi responden dalam penelitian ini. Karakteristik konsumen batik yang paling dominan adalah konsumen berjenis kelamin perempuan, kelompok umurĀ  30-35 tahun, dan berpenghasilan Rp. 1.500.000 s/d Rp. 3.000.000. Penelitian ini menghasilkan data kualitatif yang menunjukan bahwa merk bukan menjadi alasan utama konsumen berminat membeli batik. Selain itu, kegiatan berbelanja batik dianggap sebagai kegiatan rekreatif oleh responden. Sebagian besar responden menyebutkan selain diskon, mereka merasa sangat terbantu dengan keberadaan sosial media penjual batik dalam meningkatkan minat belinya. Kata Kunci: Minat beli, batik, UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.