KESALAHAN TATA BAHASA DALAM MEMBUAT CERITA PENDEK PADA BAHASA MANDARIN OLEH MAHASISWA PRODI D3 BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO

Nunung Supriadi

Abstract


Penelitian “Kesalahan Tatabahasa Dalam Menyusun Cerita Pendek Pada Bahasa Mandarin Oleh  Mahasiswa Prodi D3 Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto” memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi kemampuan menulis (reading skill) cerita pendek dalam bahasa Mandarin agar penguasaan tatabahasa ( 语法 yu fa) semakin meningkat. Penelitian ini memiliki fokus pada analisis kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi D3 Bahasa Mandarin Universita Jenderal Soedirman Purwokerto dalam membuat cerita pendek bahasa Mandarin. Tujuan umum penelitian ini adalah Menunjukan kesalahan tatabahasa dalam cerita pendek bahasa Mandarin dan Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tatabahasa. Tujuan khusus penelitian ini adalah menambah data referensi alternatif bahan ajar tatabahasa bahasa Mandarin dan menjadi tambahan studi pustaka dalam bentuk prosiding atau jurnal ilmiah bagi pengajar Bahasa Mandarin, sehingga bisa membantu tercapaianya capaian pembelajaran dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, pengumpulan hasil tugas siswa menggunakan teknik Simak, Libat, Bebas, Cakap (SLBC) dari Sudaryanto (1993). Data dari para pembelajar pemula dianalisis menggunakan Analisis Kesalahan dari Corder (1976) dan dibuktikan dengan komparasi tatabahasa standar yang dijelaskan oleh Suparto (2003).  Kata Kunci: Analisis kesalahan, tatabahasa, Cerita Pendek, Bahasa Mandarin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.