PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI BERMUATAN NILAINILAI KARAKTER PADA SISWA VII A SMP NEGERI 3 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Lalita Melasarianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja dan (2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja setelah mengikuti pembelajaran bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter. Penelitian ini dianalisis dengan deskriptif komparatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja mengalami peningkatan setelah menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter. Hasil siklus 1 sebesar 61% dan siklus 2 sebesar 76,23%. Selanjutnya, pembelajaran bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter terjadi perubahan perilaku pada siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 sebesar 50%, sedangkan siklus 2 bertambah menjadi 80%.  Kata kunci: Keterampilan, Bercerita, Media Film Animasi, Bermuatan Nilai-Nilai Karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.