MEMBANGUN KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS BUDAYA KERJA DAN KOMPETENSI DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA BPPT-PM KABUPATEN MAJALENGKA)

Dewi Maharani

Abstract


Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik itu di pusat, di daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Oleh karena itu, dalam memberi pelayanan publik yang baik merupakan tugas utama pegawai negeri, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Tugas ini dengan jelas diamanatkan dalam UUD 1945. Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Majalengka sebagai unsur pelaksana teknis pelayanan administasi publik di bidang Perizinan dan Penanaman Modal yang dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa mengedepankan pendekatan birokratisasi. pendekatan tersebut sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Majalengka sebagai Daerah yang kondusif bagi Investasi. Maksud penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empiris secara deskripsi dan verifikatif terkait budaya kerja, kompetensi dan kualitas pelayanan serta kepuasan masyarakat pelaku usaha. Metode penelitian ini akan diketahui hubungan yang signifikan antara variabel yang diteliti, sehingga menghasilkan kesimpulan yang akan memperjelas gambaran mengenai objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Majalengka. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Majalengka. Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Majalengka. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Majalengka terhadap kepuasan masyarakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.