TRANSFER TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN NILEM UNTUK MUNDUKUNG TERCAPAINYA CPIB DI BBI MAJENANG

Farida Nur Rachmawati, Dian Bhagawati, Suhestri Suryaningsih, Siti Rukayah

Abstract


Balai Benih Ikan (BBI) Majenang Kabupaten Cilacap merupakan salah satu instansi yang tugasnya antara lain mendidik dan membina kelompok tani ikan agar kompeten dalam melakukan budidaya. Selama ini, komoditas yang banyak dikelola adalah ikan Gurami, Lele serta ikan Sidat, dan belum mampu mengelola pembenihan ikan Nilem. Terkait dengan kondisi tersebut maka pimpinan unit BBI meminta agar dilakukan pelatihan pembenihan ikan Nilem Semi-Intensif dengan mengaplikasikan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB), sebagaimana yang diatur oleh Kementerian Kelautandan Perikanan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pokdakan di yang dibina oleh BBI Majenang, agar mampu menerapkan manajemen induk secara benar berdasarkan performans, memeriksa tingkat kematangan gonad dengan benar; melakukan induksi pemijahan, melakukan penetasan telur dalam media inkubasi yang tepat serta memelihara benih dengan benar. Kegiatan dilakukan secara partisipatif, yang meliputi tahan persiapan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi kegiatan dan keberlanjutan. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring dan luring, yang didukung dengan praktek dan pembuatan demplot. Pelaksanaan daring diterapkan untuk melakukan pendampingan, setelah khalayak sasaran mengikuti pelatiha secara luring. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa khalayak sasaran yang merupakan anggota Pokdakan dari Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja dan Majenang, telah bertambah pengetahuan dan keterampilannya, dengan melakukan pembenihan ikan Nilem secara semi intensif. Peserta pelatihan juga telah mampu menerapkan cara pembenihan yang baik, dengan induksi ovulasi dan pijah berpasangan pada wadah terbatas. Pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama pelatihan dan pendampingan, juga telah ditularkan kepada pembudidaya lainnya, yang tidak dapat mengikuti pelatihan.

Kata kunci: pelatihan, pembenihan, ikan nilem, Majenang


Full Text:

145-152

References


Bhagawati, D., Nuryanto, A., Rofiqoh, A. A. & Sukirno .2021. Optimalisasi Wadah Budidaya Untuk Pembenihan Ikan Skala Rumah Tangga Pada Lahan Terbatas Di Kelurahan Sumampir Kabupaten Banyumas. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(3), 315-327.

Direktorat Perbenihan. 2014. Perbenihan Akuakultur. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Jakarta

Ditjen Perikanan Budidaya. 2008. Pedoman Sertifikasi CPIB. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Jakarta.

IDRC., 1998. Fish spawning kit. International Development Research Centre, Ottawa, Canada. 4 p

Mardikanto, T. 1993. Sistem Penyuluhan Pertanian. UNS Press. Surakarta.

Mittlemark, J. & Kapuscinki, A., 2000. Induced reproduction in fish. Minnesota Sea Grant. University of Minnesota, USA. 12 p.

Peraturan Bupati Cilacap Nomor 22 Tahun. 2018. Tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 35 tahun. 2016. Tentang Cara Pembenihan Ikan Yang Baik. Prahesty, F.D, Maulana,I.T.,& Dasuki.U.A 2017. Profil Kandungan Asam Lemak Ikan Nilem (Osteochillus hasselti) dan Ikan Gabus (Channa striata) Menggunakan Kromatografi Gas Spektroskopi Massa. Vol 3, No 2,p.407-414.

Subagja, J., R. Gustiano., & Winarlin. 2007. Teknologi Reproduksi Ikan Nilem (Osteochilus hasselti C.V) : Pematangan Gonad, Penanganan Telur dan Penyediaan Calon Induk. Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia XXVII. hal 187 – 194.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.