PENDAMPINGAN PENINGKATAN NILAI PRODUK DAN EFISIENSI PEMASARAN PADA KOMUNITAS RUMAH DIGITAL SIDAKANGEN DI DESA SIDAKANGEN KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

Ramita Kholifaturrohmah, Nur Choirul Afif, Taufik Hidayat

Abstract


Rumah Digital Sidakangen (RDS) merupakan sebuah komunitas Pebisnis Online di Purbalingga, Jawa Tengah. Eksistensi RDS sangat besar bagi perekonomian masyarakat sekitar dengan sentra kegiatan yaitu berkolaborasi menjalankan model bisnis online baik barang maupun jasa. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan mengenai nilai produk serta efisiensi pemasaran serta fasilitas peralatan yang mendukung hal tersebut. RDS masih membuat tampilan foto maupun video produk dari hp sehingga hasilnya kurang professional. Juga proses pemasaran yang masih dilakukan secara manual. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pendampingan serta memberikan pengetahuan tentang cara meningkatkan nilai produk dan efisiensi pemasaran. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) komunikasi dengan mitra, (3) pendampingan dan pelatihan (4) follow up dan (5) evaluasi. Cara meningkatkan nilai produk melalui kualitas hasil gambar produk maupun jasa sedangkan peningkatan efisiensi pemasaran dilakukan melalui pengetahuan dan pelatihan mengenai tools untuk meningkatkan proses penjualan di marketplace. Juga hibah peralatan produksi seperti kamera DSLR, aplikasi Qlobot, serta software mesin marketplace. Luaran hasil pengabdian diseminarkan melalui seminar nasional yang diselenggarakan oleh LPPM Unsoed serta artikel ilmiah yang diprosidingkan.

 


Full Text:

107-117

References


Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th ed.). In Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Principles Of Marketing Kotler 14th Edition Pearson. Pearson Education Limited, Essex, England.

Kurniawan, M. P. (2019). Foto Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Online Anggota L3M ( Lifelong Learning Mamas ) Yogyakarta. 392–397.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Said E. Gumbira-dan A. Haritz Intan. 2001. Manajemen Agribisnis, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV. https://apjii.or.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.