PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM “DAPOERNIMAS” KELURAHAN BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Lina Rifda, Suliyanto Suliyanto, Dadang Iskandar

Abstract


Kegiatan Program Penerapan IPTEKS ini dilaksanakan pada UMKM “Dapoernimas” yang beralamat di Kelurahan Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. UMKM “Dapoernimas” menyajikan produk makanan berbagai jenis antara lain olahan ikan (gurameh, mujair, lele), ayam, bebek, dan paket nasi besek. Kendala yang dihadapi UMKM “Dapoernimas” adalah terkait dengan aspek produksi dan promosi. UMKM “Dapoernimas” belum mampu menghasilkan produk dalam jumlah besar karena keterbatasan alat produksi. Promosi produk “Dapoernimas” meskipun saat ini sudah menggunakan instagram namun masih sangat kurang berkontribusi pada penjualan produknya. Kegiatan Program Penerapan IPTEKS ini bertujuan untuk memberikan bantuan peralatan produksi berupa teknologi tepat guna sehingga kuantitas dan kualitas produk makanan dari UMKM “Dapoernimas” dapat meningkat. Selain itu juga diberikan pelatihan dan pendampingan mengenai berbagai pemanfaatan media sosial guna meningkatkan promosi produk. Hasil kegiatan mitra memiliki pengetahuan yang meningkat dalam hal pemasaran di media sosial, diantaranya facebook Ads, Instagram, mampu melakukan foto produk sebagai penunjang pemasaran dan desain kemasan produk yang menarik.


Full Text:

94-98

References


Adnyana, R., and Darma, G.S. (2015). Strategi Marketing Mix, Yield Management, Customer Satisfaction and Occupancy Rate. Jurnal Manajemen & Bisnis, 12 (1): 92-115

Pranata, I.M.A., and Darma, G.S. (2014). Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen & Bisnis, 11 (1): 69-81.

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM, Jurnal Pasca Sarjana STIE Dharmaputra Semarang. 343-347.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.