MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU DI SMK 1 PURWOKERTO

Lalita Melasarianti, Etin Pujihastuti, Uki Hares Yulianti

Abstract


Peraturan dari pemerintah tentang aturan mendapat sertifikasi dan meningkatkan jabatan fungsional guru adalah melalui penetapan angka kredit. Pemerolehan angka kredit bagi guru salah satunya dengan menghasilkan karya ilmiah. Permasalahan pada SMK N 1 Purwokerto adalah masih rendahnya kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah. Hal ini, mengakibatkan kenaikan fungsional guru juga terhambat. Beranjak dari permasalahan tersebut, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan karya ilmiah Guru SMK N I Purwokerto melalui pelatihan menulis karya ilmiah dan meningkatkan kemampuan Guru SMK N I Purwokerto melalui pelatihan menulis karya ilmiah. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah presentasi seminar, diskusi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah Guru SMK N 1 Purwokerto  mengalami peningkatan dalam pengetahuannya tentang menulis karya ilmiah, serta kemampuan Guru SMK N I Puwokerto dalam menulis karya ilmiah meningkat


Full Text:

84-93

References


Ali Mudlofar, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar Arifin, Zainal. 2008. Metodelogi Penelitan Pendidikan, Surabaya : Lentera Cendikia.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi.(2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara.

Azyumardi Azra. 2000. Pendidikan Kewarganegaraan (civic education):Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Mayarakat Madani. Jakarta: PrenadaKencana.

Budi, D. R. et al. (2021) ‘Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto’, Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), pp. 11–20. doi: 10.24090/sjp.v1i1.4931.

Budi, D. R., Hidayat, R. and Febriani, A. R. (2019) ‘The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs’, JUARA : Jurnal Olahraga. doi: 10.33222/juara.v4i2.534.

Davis, D, & Cosenza, R.M. (1993). Business Research for Decision Making. Belmont: PWS-KENT Publishing Company.

Dwiloka, Bambang dan Riana, Rati. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Press.

Erni hayati (2020: https://www.daftarpustaka.org/sistematika-penulisan/

Melasarianti, L. (2018) ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Plus Pada Mata Kuliah Berbicara’, urnal Ilmiah Lingua Idea, 9(1). doi: 10.30605/cjpe.222019.118.

Melasarianti, L. and Andini, N. P. (2016) ‘Media Film Animasi Bemuatan Nilai Nilai Karakter Sebagai Uupaya Meningkatkan Keterambilan bercerita Siswa Kelsa VII A SMP Negeri Mandiraja Kabupaten banjernegara Tahun AJaran 29018/2019’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), pp. 44–59.

Melasarianti, L., Krisnawati, V. and Martha, N. U. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Media Gambar Pahlawan Nusantara’, JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), pp. 56–64.

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, T. 2010. Buku Ajar Obstetri. Yogyakarta : Nuha Medika.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

Sekaran, Uma (2003), Research Methods For Business: A Skill Building Aproach, New York-USA: John Wiley and Sons, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.