PENGUATAN KOMPETENSI MGMP BIOLOGI MELALUI PENGUASAAN APLIKASI KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOSISTEMATIK

Agus Nuryanto, Ardhini R. Maharning, Kusbiyanto Kusbiyanto, Atang Atang, Dian Bhagawati, I G AA Ratna Puspita Sari, Aswi Andriasari Rofiqoh

Abstract


Profesionalisme seorang guru sangat didukung oleh kompetensi yang dimiliki, sehingga untuk mewujudkannya perlu senantiasa menambah wawasan maupun keterampilan, agar tugas pokok dan fungsinya tercapai. Pelatihan penguasaan aplikasi komputer untuk MGMP Biologi di Kabupaten Banyumas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA dalam bidang teknologi, informasi dan komputer, guna mendukung pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh guru serta pembelajaran Biosistematik. Metode yang diterapkan adalah partisipatif, yang meliputi persiapan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi kegiatan. Materi yang diberikan meliputi pengenalan dan praktek tentang aplikasi yang sering digunakan dalam bidang Biositematik dan Ekologi. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar. Indikator keberhasilan kegiatan ini dapat diketahui berdasarkan adanya perubahan wawasan dan keterampilan peserta pelatihan dalam melakukan identifikasi hewan, implementasi morfometri secara konvensional dan menggunakan aplikasi Image-J, input data dan menganalisis menggunakan aplikasi NTsys, Bioedit, MEGA, DNASP dan Populus dalam Biologi.

Kata kunci: MGMP Biologi, Kabupaten Banyumas, Biodigital, Pelatihan


Full Text:

69-77

References


Asmarani, N. 2014. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 2(1):503 ‐ 510.

Hebert PDN, Cywinska A, Ball SL, & De Waard JR. 2003. Biological identification through DNA barcodes. Philos Trans Ser B: 270: 313-321.

http://science.lecture.ub.ac.id/files/2012/04/mengenal-NCBI.pdf. Mengenal NCBI. 2012.

Kitching, IJ., Forey, PL., Humphries, CJ., & William, DJ. 1998. Cladistics (Second Edition) The theory and practice of parsimony analysis. Systematics Association Publication 11. Oxford University Press, Oxford. 228 pp.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mount, D.W. 2001. Bioinformatics. Sequence and Genome Analysis, Cold Spring Harbor: Cold Spring Harbor Laboratory Press, ISBN 0-87969-608-7.

Nata. A.2016. Penddidikan dalam Prespektif Al-Quran. Prenamedia Group.Bandung : h.185

Nuryadi H, Arifin OZ, Gustiano R, & Mulyasari. 2008. Karakterisasi 17 famili (Oreochromis niloticus) generasi ke tiga (G-3) berdasarkan metode truss morphometrics. Berita Biologi. 9(1):81–89.

Quicke, DLJ. 1993. Principles and Techniques of contemporary Taxonomy, Blackie Academic & Profesional, London.

Setiawan,I.G.M.N.2008.Penerapan Pengajaran Konstektual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Singaraja.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2.1: 42-43. Sutrisno, H. 2016. Peran Ilmu Dasar Biosistematika Pada Era Bioteknologi. Prosiding Biotik, 4(1):1-5

Takács P, Vital Z, Ferincz A, & Stazny A. 2016. Repeatability, reproducibility, separative power and subjectivity of different fish morphometric analysis methods. Plos One. 11 (6):1-16.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Yap, I.V. and R.J. Nelson. 1996. WinBoot: A program for performing bootstrap analysis of binary data to determine the Cofident limits of UPGMA-based dendrogram. IRRI Discussion Paper Series No. 14, 20 pp. IRRI, Manila, Philippines.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.