PELATIHAN MANAJEMEN EMOSI PADA ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR ONLINE

Ika Murti Harini, Diyah Woro Dwi Lesta Wo Dwi lestari, Arfi Nurul Hidayah, Octavia Permata Sari, Viva Ratih Bening Ati, Miko Ferine, Imam Nafi Yana Saputra, Nafiisah Nafiisah

Abstract


Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, khususnya di Indonesia menimbulkan dampak terhadap pendidikan, salah satunya yaitu perubahan sistem pembelajaran dari yang awalnya bertatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dengan sistem dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring memerlukan peran aktif orangtua dalam mendampingi dan memotivasi anak selama menjalani pembelajaran dari rumah. Setelah berjalan beberapa bulan, pembelajaran daring ini mulai menimbulkan permasalahan di antaranya anak merasakan jenuh, bosan, kurang aktif dan tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran daring. Hal ini dapat menyebabkan orangtua menjadi bersikap lebih emosional. Sikap orangtua yang demikian dapat menimbulkan masalah lebih lanjut dan mempengaruhi perkembangan mental emosional anak. Permasalahan ini cukup serius dan perlu mendapatkan perhatian serta dicarikan solusinya. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan upaya untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara mengelola emosi pada orangtua yang mempunyai anak usia SD dalam menghadapi pembelajaran daring di SDN 02 Sokaraja Tengah. Metode transfer teknologi peningkatan pengetahuan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pelatihan online. Sebelum pemberian materi dilaksanakan prestest terlebih dahulu dan di akhir kegiatan dilaksanakan postest untuk mengetahui peningkatan pengetahuan para peserta setelah diberikan pelatihan. Hasil nilai rerata pretest peserta yaitu 79,7 sedangkan nilai rerata postestnya 88,1. Berdasarkan hasil tersebut diketahui terdapat peningkatan pengetahuan tentang cara mengelola emosi sebesar 9,5% setelah diberikan pelatihan kepada para peserta kegiatan.


Full Text:

62-68

References


Fauziah I, Ernita, Octavia DI, Dwiyanti M. 2020. Analisis Gangguan Psikososial dan Emosional AUD di RA Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia 8 (3).

Handarini, OI, Wulandari SS. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 8 (3).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Lilawati A. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1).

Mahfuzah A. 2020. Kecerdasan Orang Tua Mengelola Emosi di Puncak Pandemi. https://suyanto.id/kecerdasan-orang-tua-mengelola-emosi-di-puncak-pandemi/. Diakses tanggal 13 September 2020.

Wijayanti RM, Fauziah PY. 2021. Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.