PERBAIKAN TATA LETAK PRODUKSI DAN INVENTORY SABUN CAIR IKM SAHARA PUTRA BANYUMAS GUNA MENINGKATKAN WORKFLOW

Katon Muhammad, Rani Aulia Imran, Amanda Sofiana, Sugeng Waluyo, Alfi Khoerunisak Budi Utami, Whimpi Hasta Robi

Abstract


IKM Sahara Putra merupakan IKM yang memproduksi sabun cair dan varian olahan sabun untuk kebutuhan rumah tangga. Proses produksi pada IKM ini meningkat dari satu tahun terakhir ini, namun peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan fasilitas gudang yang memadai. Hal ini mengakibatkan penempatan dan penataan produk jadi dari hasil produksi IKM mengalami kendala penempatan produk, sehingga workflow pada IKM terlihat belum optimal. Dari permasalahan yang ada pada IKM tersebut, pelaksanaan pengabdian kepada masyarat ini bertujuan untuk dapat memperbaiki tataletak gudang IKM sehingga workflow pada IKM lebih optimal. Untuk memperbaiki tata letak inventory IKM Sahara Putra digunakan pendekatan perancangan tataletak inventory untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada. Perancangan tataletak inventory ini mengutamakan kemudahan aliran material dan pengorganisasian produk agar lebih mudah untuk dilakukan proses loading dan unloading barang. Implementasi dari hasil perancangan tata letak inventory dilakukan sesuai dengan layout yang sudah dirancang dan penambahan storage berupa rak susun besi yang digunakan untuk storage barang jadi. Dari hasil perbaikan layout didapatkan desain yang dapat memanfaatkan ruang dan memaksimalkan luas lantai pada gudang barang jadi IKM. Dari hasil implementasi didapatkan hasil yang mana dapat menjadikan gudang barang jadi atau inventory IKM memiliki storage yang lebih banyak untuk dapat digunakan dan lebih teratur dalam penyimpanan produk jadi yang dihasilkan dari IKM Sahara Putra.


Full Text:

57-61

References


Adiasa, I., Suarantalla, R., Rafi, M.S. and Hermanto, K., 2020. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Di CV. Apindo Brother Sukses Menggunakan Metode Systematic Layout Planning (SLP). Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 19(2).

Apple, J.M., 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. ITB.

Arif, M., 2017. Perancangan Tata Letak Pabrik. Deepublish.

Wignjosoebroto, S., 2003 Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan 2nd ed, Guna Widya, Jakarta.

Sukania, I.W. and Laurensia, L., 2013. Usulan Peningkatan Produktifitas Melalui Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Studi Kasus di PT X. Jurnal Kajian Teknologi, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.