PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA SESAYURAN RAMAH LINGKUNGAN DI LAHAN PEKARANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN DAN KESEHATAN PANGAN KELUARGA

Endang Mugiastuti, Abdul Manan, Ruth Feti Rahayuniat, Loekas Soesanto

Abstract


Program pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman sesayuran dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga, yang secara signifikan akan mampu mengatasi permasalahan ketahanan pangan secara nasional. Budidaya sesayuran telah mulai dibudidayakan oleh anggota kelompok PKK RT 09 RW 02,  Desa Tambaksogra, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, dalam upaya peningkatan pemanfaatan pekarangan dan peningkatan pendapatan keluarga.   Namun demikian,  pengetahuan dan ketrampilan anggota PKK dalam berbudidaya sesayuran, keberadaan hama dan penyakit serta upaya pengelolaan yang efektif, efisien, murah dan ramah lingkungan masih rendah. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan  ketrampilan ibu-ibu anggota kelompok PKK untuk berbudidaya sesayuran dan pengelolaan hama dan penyakitnya yang efektif dan ramah lingkungan. Kegiatan pengabdian mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota kelompok PKK dalam pemanfaatan tanaman pekarangan untuk berbudidaya tanaman sesayuran dan pengelolaan hama dan penyakitnya yang ramah lingkungan

Full Text:

32-41

References


Ahmadzadeh, M. & A.S. Tehrani. 2009. Evaluation of fluorescent pseudomonads for plant growth promotion, antifungal activity against Rhizoctonia solani on common bean, and biocontrol potential.Biological Control 48(2):101-107.

Amiruddin& M. Iqbal. 2018. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Ziraa’ah 43(1): 70-76

Manan, A. & Mugiastuti, 2005. Potensi jamur parasit dan pestisida nabati untuk mengendalikan nematoda Globodera rostochiensis pada tanaman kentang. Laporan Penelitian. Fakultas Pertanian Unsoed, Purwokerto.

Raaijmakers, J.M. & D.M. Weller. 1998. Natural plant protection by 2,4-diacetylphloroglucinol-producing Pseudomonas spp. In take-all decline soils. Molecular Plant-Microbe Interactions 11:144-152.

Rahayuniati, R.F. & E. Mugiastuti. 2009. Pemanfaatan Jamur Antagonis dan Pupuk Organik Untuk Mengendalikan Penyakit Layu Fusarium Tomat. Jurnal Pembangunan Pedesaan 9(1).

Rahayuniati, R.F. & R.E.K. Kurniawan. 2008. Ketahanan Tanaman Lada Terhadap Penyakit Busuk Pangkal Batang: Aplikasi Bahan Organik dan Jamur Antagonis. Laporan Penelitian Dosen Muda. Dikti.

Santoso, S.E., L. Soesanto & T.A.D. Haryanto. 2007. Penekanan hayati penyakit moler pada bawang merah dengan Trichoderma harzianum, Trichoderma koningii, dan Pseudomonas fluorescens P60. Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika 7(1):53-61.

Soesanto, L. & R.F. Rahayuniati. 2009. Pengimbasan ketahanan bibit pisang Ambon Kuning terhadap penyakit layu Fusarium dengan beberapa jamur antagonis. Jurnal HPT Tropika 9(2): 130–140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.