SOSIALISASI DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KONSERVASI PENGELOLAAN SUMBERDAYA LAHAN DATARAN TINGGI KALIGUA KABUPATEN BREBES – JAWA TENGAH

Achmad Iqbal, Khavid Faozi, Saparso Saparso, Tamad Tamad

Abstract


Desa Pandansari merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Paguyangan yang terletak di bagian paling timur wilayah Kabupaten Brebes. Sebagian besar wilayah Desa Pandansari merupakan daerah pegunungan dan perbukitan dengan ketinggian berkisar antara 800-2.000 meter di atas permukaan laut. Lahan di kawasan ini sangat penting sebagai penghasil berbagai komoditas pertanian terutama sayur-sayuran semusim, selain berfungsi juga sebagai kawasan lindung terutama sebagai daerah resapan air atau tangkapan air hujan. Sosialisasi dan penerapan teknologi konservasi penting dilakukan dalam pengelolaan lahan pertanian agar potensi sumberdaya lahan tersebut dapat berkelanjutan. Melalui program kegiatan juga akan didorong untuk pengembangan kopi arabika, agar pembukaan lahan tanaman sayuran terutama kentang dapat ditekan. Kegiatan meliputi sosialisasi dan penerapan teknologi konservasi yang dilakukan dalam bentuk alih teknologi, demplot, pendampingan kelompok tani. Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat secara umum dapat dilaksanakan sesuai rencana jadwal kegiatan yang sudah disusun meliputi: persiapan, pelaksanaan alih teknologi dan pembuatan demplot, serta pendampingan kepada kelompok tani. Materi yang disampaikan oleh Tim Unsoed meliputi: Teknologi Produksi Kopi Spesifik Lahan Dataran Tinggi, Syarat Tumbuh Tanaman Kopi, Budidaya Sayuran Dataran Tinggi Berbasis GAP, dan Pertanian Berkelanjutan di Lahan Dataran Tinggi.


Full Text:

23-31

References


Bukalapak. 2016. Green Bean / Biji Kopi Arabica Tlahab,Temanggun (Full Wash). On-line: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/ 1e9yy4-jual-green-bean-biji-kopi-arabica-tlahab-temanggun-full-wash. Diakses 22 Mei 2016.

BPP Brebes. 2020. Luas tanam dan produktivitas kentang Desa Pandansari. Laporan Kegiatan. Kabupaten Brebes-Jawa Tengah.

Handoko, B. 2015. Strategi Pengembangan Budidaya Kentang di Kabupaten Brebes. Tesis. Program Studi Agronomi, Program Pascasarjana, Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Haryati, U., D. Erfandi, dan Y. Soelaeman. 2012. Alternatif Teknik Konservasi Tanah untuk Pertanaman Kubis Di Dataran Tinggi Kerinci. Peneliti Badan Litbang Pertanian di Balai Penelitian Tanah, Bogor.

Juoro, U. 2010. Inovasi dan Pertumbuhan Ekonomi: Tantangan bagi Indonesia dalam Ekonomi Inovasi, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Bandung.

Khamim. 2009. Kepercayaan Masyarakat Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Terhadap Tempat Keramat Telaga Ranjeng Ditinjau Dari Pendidikan Islam. On-line: http://kaligua-wisataagro.blogspot.co.id/2009/03/kepercayaan-masyarakat-desa-pandansari.html. Diakses 25 Mei 2016.

Kompas. 2009. Brebes Kembangkan Dua Desa Wisata . On-line : http://nasional. kompas.com/read/2009/12/03/21512944/ brebes. kembangkan.dua.desa.wisata. Diakses 25 Mei 2016

Khumaedi, W.E.W. 2012. Potensi Kecamatan Paguyangan. On-line Https://statistikbrebes.wordpress.com/2012/06/04/potensi-kecamatan-paguyangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.