INOVASI PRIMER UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS DAN MUTU PRODUK KOPI DI DESA CAPAR KECAMATAN SALEM

Sutarmin Sutarmin, Sugeng Riyanto, Purwanto Purwanto, Undri Rastuti

Abstract


Meskipun memiliki potensi yang sangat besar produktifitas kopi robusta yang dihasilkan di Desa Capar, Kecamatan Salem belum mampu memberikan kontribusi pendapatan yang tinggi bagi petani setempat. Harga yang diterima petani sangat rendah, yaitu Rp 3.000 untuk asalan dan Rp. 5.000 untuk kopi merah. Tahun 2017 kelompok tani “Kopi Abah Capar” di Desa Capar merintis pengolahan kopi menggunakan lesung penumbuk. Alat ini sangat tidak efisien, selain lama waktu prosenya, bijinya juga banyak yang rusak karena pecah, sehingga produk green bean yang dihasilkan tetap dihargai rendah, yaitu Rp. 19.000/kg. Melihat kondisi ini tim pengabdian masyarakat Universitas Peradaban dan Universitas Jenderal Soedirman membantu mencarikan solusi pemecahaanya. Metode pada kegiatan ini adalah pelatihan inovasi primer melalui introduksi teknologi dan hibah pulper (alat pengupas kulit basah) kapasitas 120 kg/jam. Pelaksanaan kegiatan ini menghasilkan peningkatan produktifitas pengolahan kopi glondong dan kopi cherry mejadi lebih cepat. Proses pengupasan kopi yang semula dengan alu lesung hanya memperoleh 25 kg/jam, dengan pulper menjadi sekitar menjadi 100 kg/jam. Jadi ada peningkatan kapasitas 4 kali lipat. Selain kapasitas naik, kualitas biji kopi green bean juga utuh dan tidak pecah sehingga menaikan harga jual menjadi sekitar Rp. 40.000 / kg. Harga ini berkontibusi menaikan pendapatan petani sekitar 100 %.

Full Text:

17-22

References


Chandra, D., Ismono, R. H., & Kasymir, E. (2013). Prospek perdagangan kopi Robusta Indonesia di pasar internasional. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 1(1).

Widyotomo, S. (2010). Evaluasi kinerja mesin pengupas kulit buah kopi basah tipe silinder horisontal.

Hariance, R., Febriamansyah, R., & Tanjung, F. (2015). Agribisnis Perkebunan Rakyat Kopi Robusta di Kabupaten Solok. Jurnal AGRISEP, 14(1), 11-25.

Hariance, R., Febriamansyah, R., & Tanjung, F. (2015). Agribisnis Perkebunan Rakyat Kopi Robusta di Kabupaten Solok. Jurnal AGRISEP, 14(1), 11-25.

Brebes dalam angka (2016) Produksi Kopi Kabupaten rebe https://brebeskab.bps.go.id/

Brebes dalam angka (2017) Produksi Kopi Kabupaten Brebes https://brebeskab.bps.go.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.