MERANGSANG MINAT DAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT WARGADESA PRIGI RT 01/RW 01, KECAMATAN PADAMARA DALAM PEMBUATANSABUN CUCI PIRING CAIR BERBAHAN DASAR MINYAK NABATI

Mochamad Chasani, Seny Widyaningsih, Dian Riana Ningsih

Abstract


Sabun cuci piring cair secara umum berbahan dasar dua jenis, yaitu bahan baku dan bahan pendukung. Kegiatan pengabdian di desa Prigi RT 01/RW 01, kecamatan Padamara, dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam membuat sabun cuci piring cair dengan bahan dasar utama minyak nabati. Warga desa Prigi RT 01/RW 01, kecamatan Padamara, kabupaten Purbalingga khususnya ibu ibu warga RT 04 RW 01 adalah ibu rumah tangga dengan yang masih memiliki kesempatan dan potensi untuk menghasilkan produk komersial homeindustri. Oleh karena itu akan diberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang teknikpembuatan sabun cuci piring caair berbahan dasar minyak nabati sehingga diharapkan dapat menyokong perekonomian keluarga. Metode yang dipakai pada kegiatan ini adalah penyuluhan, demo pembuatan sabun serta perlatihan secara mandiri masyarakat desa Padamara. Evaluasi dilakukan dengan memberikan kuesioner. Hasil kegitan ini diperoleh data bahwa (1) Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan warga untuk secara mandiri membuat sabun cuci piring cair, (2) Warga desa Prigi RT 01/RW 01, kecamatan Padamara, Purbalingga telah termotivasi minatnya untuk memproduksi sabun cuci piring cair guna dipakai sendiri (3) Masyarakat warga desa Prigi RT 01/RW 01, kecamatan Padamara, Purbalingga sangat besar minatnya untuk secara mandiri membuat sabun cuci piring cair serta keinginan besarnya untuk memproduksi sabun cuci piring cair sebagai usaha mandiri yang akan menambah pendapatan keluarga.

Full Text:

PDF

References


Arwati, I. G. A., Anggraini, R., 2016, Penyuluhan Pembuatan Pencuci Piring Ramah Lingkungan di Wilayah Jakarta Barat.Jurnal Abdi Masyarakat Jilid 2 No 1: 25-30.

Azhar, Y. R., 2012.Cara Membuat Sabun Cair. UGM Press. Yogyakarta.

Dalimunthe, N. A. 2009. Pemanfaatan Minyak Goreng Jelantah pada Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.

Kasim, Y. 2010. Pembuatan Sabun dari Minyak Sawit.Skripsi. Riau: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia. Universitas Riau.

Ketaren, S. 1986.Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. UI Press: Jakarta.

Lehninger.1982. Dasar-Dasar Biokimia Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Miller, K. 2003. Miller's Homemade Soap Pages: Choosing Your Oils, Oil Properties of Fatty Acid. [online] diunduh dari http://www.millersoap.com/soapdesign.html, diakses tanggal 3 Desember 2014.

Pratiwi, P. 2014. Pembuatan Sabun Cuci Piring dari Minyak Goreng Bekas (Jelantah).Laporan Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret. Solo.

Steve. 2008. Saponification Table Plus The Characteristics of Oils in Soap. USA. [online] diunduh dari http://www.soap-making-resource.com/ saponification-table.html, diakses tanggal 3 Desember 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.