STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Namun, UMKM mengalami tantangan dalam menghadapi persaingan digitalisasi di bidang bisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan. Maka dari itu, tujuan penelitian akan mengindentifikasi strategi pengembangan digitalisasi UMKM di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT dengan melihat faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi perkembangan digitalisasi UMKM. Hasil penelitian ini adalah perhitungan Internal Factor Evaluation dan External Factor Evaluation dengan nilai sebesar (0,05 ; 0,1) yang berarti bahwa posisi kondisi UMKM yang berbasis digital di Indonesia berada pada kuadran I. Pada posisi ini, agar dapat mengembangkan digitalisasi UMKM di Indonesia, maka prioritas strategi adalah meningkatkan pangsa pasar ke Luar Negeri (S2,S3,S4,O3,O5), menambah unit produksi dan meningkatkan kualitas produk (S3, S4, O1,O2, O4), meningkatkan proses marketing online (S2, S4,O3, O4).
Kata kunci: UMKM, digitalisasi, SWOT
UMKM (Micro, Small, and Medium Enterprises) in Indonesia is one of the business sectors that is quite dominant and is run by business actors. However, MSMEs face challenges in dealing with digitalization competition in the business sector in order to be able to survive during competition. Therefore, the purpose of the research will be to identify the strategy for developing MSME digitalization in Indonesia. The method used is a SWOT analysis by looking at external and internal factors that can affect the development of the digitalization of MSMEs. The results of this study are Internal Factor Evaluation and External Factor Evaluation calculations with a value of (0.05; 0.1). Its means that the position of digital-based MSMEs conditions in Indonesia is in quadrant I. In this position, in order to develop the digitization of MSMEs in Indonesia, the priority strategy is to increase market share abroad (S2, S3, S4, O3, O5), increase production units and improve product quality (S3, S4, O1, O2, O4), improve online marketing processes (S2, S4, O3, O4).
Key words: MSMEs, digitalization, SWOT
Full Text:
PDFReferences
Delloitte Access Economics. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.
Istiqomah, & Andriyanto, I. 2017. Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 5(2): 363 – 382
Kurniawan, M., & Haryati, N. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 6(2): 97 – 102
Muhammad, Suwarsono. 2008. Manajemen Strategik, Konsep dan Kasus. Unit penerbit dan percetakan STIM YKPN.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17
Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 5(1): 46 – 53
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Lu’ul, I. L. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2): 136 – 147
Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, A. P. 2016. Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM 3(1): 1 – 15
Refbacks
- There are currently no refbacks.