MENINGKATKAN KREATIVITAS DI BIDANG RIAS MELALUI KEGIATAN STUDENT DAY DI SMA PLUS PGRI CIBINONG

Dyah Roro Hastuti, Aniesa Puspa Arum, Dwi Atmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan mata pelajaran muatan lokal melalui kegiatan student day pada SMA PLUS PGRI Cibinong, (2) meningkatkan kreativitas siswi melalui mata pelajaran muatan lokal berupa keterampilan dengan kegiatan Student day. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilakukan di SMA PLUS PGRI Cibinong. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Objek penelitian adalah pelaksanaan mata pelajaran muatan lokal melalui kegiatan student day, usaha guru dalam meningkatkan kreativitas siswa serta mengembangkan potensi seni dan budaya yang dimiliki siswa dengan harapan siswa dapat lebih produktif sehingga memiliki bekal untuk melanjutkan pendidikan ataupun langsung terjun ke dunia kerja yang sesuai dengan minat masing-masing. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan mata pelajaran muatan lokal melalui kegiatan student day sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, kegiatan student day dapat meningkatkan kreativitas salah satunya adalah kreativitas merias. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa student day menjadi salah satu alternatif yang baik untuk meningkatkan kreativitas merias siswi tata rias.

 

Kata kunci: Meningkatkan kreativitas, Student day

 

This study aims to describe: (1) the implementation of local content subjects through student day activities at SMA PLUS PGRI Cibinong, (2) enhancing student creativity through local content subjects in the form of skills with Student day activities. This study is a qualitative descriptive study, which was conducted at Plus PGRI Cibinong High School. The subjects of this study were students and teachers. The object of this study is the implementation of local content subjects through student day activities, teacher efforts in enhancing student creativity and developing the artistic and cultural potential of students in the hope that students can be more productive so that they have the provision to continue their education or go directly to the world of work with their own interests each. The research data was obtained through observation, interviews and document analysis. The results of this study indicate that the implementation of local content subjects through student day activities is are suitable with the planned implementation of learning, student day activities can enhance creativity, one of them is make up creativity. The results of the study concluded that student day was a good alternative to improve the creativity of make up students.

 

Key words: Increase creativity, Student day


Full Text:

PDF

References


Antep. 2015. Metode pembelajaran Demnstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Musik Ansambel Pada Siswa Kelas VII H di SMP Negeri 27 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Azhar. 2012. Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Kelas V SD Muhammadiyah Sleman Dengan Metode Demonstrasi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Jasmine, Julia. 2019. Metode mengajar Multiple Intelegences. Book 5. Penerbit Nuansa Cendekia. Bandung. 14 pp.

Kenedi. 2017. Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. 3(2): 332

Muti’ah. 2017. Upaya meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Nodel Pembelajaran Koorperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Pamilu, Anik. 2007. Mengembangkan Kreativitas & Kecerdasan Anak. Book 1. Citra Media. Yogyakarta. 69 pp.

Puji. 2018. Hubungan Minat Merias Wajah Dengan Hasil Belajar Tata Rias Pada Kegiatan Student Day SMA Plus Pgri Cibinong. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Rohani. 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. 5(2): 17 – 19

Rosita, Apriati. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak pada Mapel Seni Budaya dan Keterampilan di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Purwokerto.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak. Depdiknas. Jakarta. 23 pp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.