PREDIKSI DAN KLASIFIKASI KONSUMEN KARPET KARAKTER DENGAN METODE DISCRIMINANT ANALYSIS

Ai Nurhayati

Abstract


Banyaknya pengangguran di Indonesia mendorong masyarakat untuk membuat industri berskala mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ada beberapa masalah yang menjadi kendala bagi berkembangnya UMKM. Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM produk karpet karakter. Hasil observasi awal menunjukkan terdapat masalah dalam pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memprediksi dan membedakan calon target konsumen yang diperkirakan membeli dan tidak membeli karpet karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discriminant analysis dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia, lama tidur, lama waktu luang dan jam kerja seseorang menjadi faktor pembeda dalam klasifikasi tipe calon target konsumen yang beli atau tidak beli karpet karakter.

 

Kata kunci: Discriminant Analysis, SPSS, UMKM

 

The large number of unemployed people in Indonesia has encouraged people to create micro, small and medium scale industries (MSMEs). There are several problems that become obstacles for the development of MSMEs. This research was conducted on MSMEs character carpet products. The results of preliminary observations indicate there are problems in marketing. The purpose of this study is to determine, predict and distinguish potential target consumers who are expected to buy and not buy character rugs. The method used in this study is the discriminant analysis method using SPSS software version 25. The results showed that age, length of sleep, leisure time and hours of work of a person is a differentiating factor in the classification of the type of potential target consumers who buy or don't buy character carpets.

 

Key words: Discriminant Analysis, MSMEs, SPSS


Full Text:

PDF

References


Ghozaly, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Universitas Diponegoro. Semarang. 296 pp.

Hair, Black, Babin, & Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th ed. Pearson. New Jersey. 336 pp.

Santoso, S. 2010. Statistik Multivariat: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Elex Media Komputindo. Jakarta. 182 pp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.