PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA UMKM DI BANYUMAS

Umi Pratiwi, Permata Ulfah, Puji Lestari

Abstract


Usaha Kecil Menengah (UKM) dewasa ini terus berkembang dan berperan dalam penyerapan tenaga kerja. Di Kabupaten Banyumas hampir 1,7 juta penduduknya (50%) adalah pelaku UMKM. Penting dilakukan penelitian tentang organisasi pembelajaran di UKM. Identifikasi permasalahan organisasi akan dapat membantu meningkatkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran faktor-faktor oganisasi pembelajaran yang dikembangkan UKM. Faktor-faktor organisasi pembelajaran yaitu pengakuan dan penghargaan, pelatihan dan pengembangan, aliran infomasi, visi dan strategi, karakteristik karyawan apakah mempengaruhi kinerja UKM. Metode yang digunakan dengan pendekatan survey dan penyebaran kuesioner secara langsung. Data akan dianalisis dengan analisis deskiptif dan Regresi Linear Berganda. Hasil Penelitian menunjukkan faktor-faktor organisasi pembelajaran yaitu pengakuan dan penghargaan, pelatihan dn pengembangan serta aliran infomasi tidak berpengaruh terhadap kinerja UKM. Faktor organisasi pembelajaran lainnya adalah faktor visi dan strategi serta karakteristik karyawan berpengaruh terhadap kinerja. Hasil ini diharapkan memberikan manfaat bagi UKM atau pihak pengambil kebijakan manajerialnya dalam rangka peningkatan kinerja UKM. Kinerja UKM yang baik akan memberikan dampak ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyaakat.

 

Kata kunci: Organisasi pembelajaran, kinerja, UKM

 

Small and Medium Enterprises (SMEs) today continue to develop and play a role in employment. In Banyumas Regency, almost 1.7 million people (50%) are MSME actors. It is important to do research on learning organizations in SMEs. Identifying organizational problems will help improve performance. This study aims to get an overview of the learning organization factors developed by SMEs. Learning organization factors are recognition and appreciation, training and development, information flow, vision and strategy, whether employee characteristics affect the performance of SMEs. The method used is a survey approach and direct questionnaire distribution. Data will be analyzed by descriptive analysis and Multiple Linear Regression. The results showed that organizational learning factors, namely recognition and appreciation, training and development and the flow of information had no effect on SMEs performance. Other organizational learning factors are vision and strategy factors as well as employee characteristics that affect performance. These results are expected to benefit SMEs or their managerial policy makers in order to improve SMEs performance. A good performance of SMEs will have an economic impact on improving the welfare of the community.

 

Key words: Learning organization, performance, SMEs



Full Text:

PDF

References


Achmad, Ruky. 2001. Sistem Manajemen Kinerja. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Haryanti, Sri.L. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Menjadi Prediktor Organisasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Tesis. Program Pasca Sarjana Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Hediyan, Ovi Rizky. 2010. Pengaruh Karakteristik Pengusaha, Karakteristik Pegawai dan Karakteristik Lingkungan Industri Kecil Terhadap Kinerja Usaha Industri Kecil Keripik Jamur di Wonosobo. Skripsi. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. (Tidak dipublikasikan).

Hudayati, Ataina. 2012. Penggunaan Sistem Pengukuran Kinerja dan Kinerja Pembiayaan Bagi Hasil Perbankan Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. (Tidak dipublikasikan).

Jumaili, S. 2005. Kepercayaan terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru dalam Evaluasi Kinerja Individual. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 2013

Kambey, Fendy Levy. 2013. Pengaruh Pembinaan, Pelatihan dan Pengembangan, Pemberdayaan dan Partisipasi Terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada PT. Njonja Meneer Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Mangkunegara, A.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. ROSDA. Bandung.

Monde, R.Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Jakarta.

Mudjiati, J. 2008. Studi Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang

Robbins, Stephen. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Safaria, Triantoro. 2004. Kepemimpinan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Erlangga. Bandung.

Supriyono. 1999. Sistem Pengendalian Manajemen. Bpfe. Yogyakarta.

Thoha, Miftah. 2002. Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku. PT. Grafindo Persada. Jakarta.

Wahida, 2014. Kajian tentang Karakteristik Pegawai Negeri Sipil dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Sekretariat Kopri Kabupaten Kutai Timur. Ejournal Administrative Reform 2(1): 910 – 921


Refbacks

  • There are currently no refbacks.