PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA MANDARIN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PURWOKERTO

Nunung Supriadi, Destyanisa Tazkiyah, Zuyinatul Isro

Abstract


Aplikasi Kahoot merupakan media pembelajaran online yang memiliki fitur kuis, game, diskusi, dan survei. Penelitian ini akan mengkaji pemanfaatan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar bahasa mandarin berbasis kearifan lokal. Peneliti akan mendesain kuis berbahasa Mandarin yang berbasis kearifan lokal daerah Banyumas dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah yang memiliki pelajaran bahasa Mandarin di Purwokerto. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui manfaat penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan penilaian kuis pada aplikasi Kahoot. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Kahoot dapat membantu pendidik dalam melakukan evaluasi hasil belajar siswa, selain itu hasil evaluasi yang dapat diperoleh secara otomatis melalui evaluasi dapat digunakan sebagai tolak ukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi bahan ajar.

 

Kata kunci : Aplikasi Kahoot, Evaluasi, Bahasa Mandarin

 

Kahoot application is an online learning media that features quizzes, games, discussions and surveys. This study will examine the implementation of the Kahoot application as an evaluation medium for learning Chinese language based on local wisdom. Researchers will design Mandarin language based on Banyumas local wisdom and apply it in learning activities in schools that have Mandarin lessons in Purwokerto. The main objective of this research is to study the benefits of using the Kahoot application as a medium for evaluating learning outcomes. Data collection is done by observation, interview, and quiz assessment techniques on the Kahoot application. The results showed Kahoot application can assist educators in evaluating student learning outcomes,  in addition to the evaluation results that can be obtained automatically through evaluation can be used as a benchmark for the level of student understanding of teaching materials.

 

Keywords : Kahoot Application, evaluation, Mandarin


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Barus, Irma Rasita & Tatie Soedewo. 2018. Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (SNT2BKL). Diakses pada 26 Maret 2019. http://ojs.uho.ac.id/index.php/snt2bkl/article/download/5364/4000

Harlina, Nor, Z. M., & Ahmad, A. 2017. Pembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad Ke-21. Seminar Serantau, 627–635. Diakses pada 26 Maret 2019 https://seminarserantau2017.files.wordpress.com/2017/09/74-harlina-binti-ishak.pdf

Kabalmay. 2002. Designing Qualitative Research. Sage Publication. London.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Ekonomi Dan Pendidikan, 8 : 19– 35.

Roriarti, Fitri & Anisa Yunita. 2017. TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform “Kahoot!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. Pendagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. .3 (b)

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.

Sutirna. 2018. Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Stabilitas Nasional. Seminar Nasional Semnas Ristek. (pp. 269–276).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.