“POLA LITERASI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Mustasyfa Thabib Kariadi, M. Riyanton M. Riyanton

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini mempunyai tujuan untuk mengimplementasikan pola literasi olahraga yang dirancang menarik dan mengandung unsur edukasi bagi anak didik di SLB Aisyiyah Al Walidah Banjarsari yang memiliki komitmen terhadap peningkatan karakter siswa melalui gerakan literasi sekolah. Sekolah dasar melalui inovasi terhadap pengembangan karakter literasi bagi anak berkebutuhan khusus pola literasi Namun, kendala yang menghadang pelaksanaan gerakan literasi informasi secara teori, Gerakan Literasi Sekolah memang sudah menjabarkan secara detail bagaimana langkah yang harus dilakukan. Akan tetapi, dalam praktiknya hal tersebut tidak mudah dilakukan karena terbentur dengan berbagai kendala yaitu : (1) Sosialisasi yang kurang gencar. (2) Kurangnya tenaga pustakawan professional. (3) Kebijakan pendidikan yang tidak ramah dengan perpustakaan. (4) Sarana dan prasarana yang kurang representatif. Pengabdian ini menawarkan salah satu solusi, yaitu Pola Literasi SekolahdiSLB Aisyiyah Al Walidah Banjarsari dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan masing-masing sekolah. Kesiapan ini mencakup kesiapan kapasitas fisik sekolah (ketersediaan fasilitas, sarana, prasarana literasi), kesiapan warga sekolah (peserta didik, tenaga guru, orang tua, dan komponen masyarakat lain), dan kesiapan sistem pendukung lainnya (partisipasi publik, dukungan kelembagaan, dan perangkat kebijakan yang relevan). Untuk memastikan keberlangsungannya dalam jangka panjang,GLSSD dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.

Kata Kunci: Literasi, Olahraga, Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning,. Teaching, and Assesing; A revision of Bloom's Taxonomy of Education. Addison Wesley Lonman Inc. Newyork.

Beers, Carol S., Beers, James W. & Smith, Jeffrey O. 2010. A Principal’s Guide to Literacy Instruction. The Guilford Press. Newyork.

Mullis, Ina V .S, et al. 2012. PIRLS 2011 International Results in Reading. TIMS & PIRLS Study Center . Lynch School of Education. Boston.

OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus. What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

UUD 1945 pasal 31 ayat 1 tentang Hak dan kewajiban Warga Negara.

UNESCO. 2005. Development of Information Literacy: Through: School Libraries in Southeast Asia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.