PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MINAT MEMBACA DAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

M. Riyanton M. Riyanton, Dyah Wijayawati

Abstract


Pengabdian ini beberapa tujuan, antara lain (1) mengetahui minat baca siswa terhadap pembelajaran, (2) dampak program literasi terhadap pembelajaran. Pengabdian masyarkat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri yang ada di UPK Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Metode penerapan yang digunakan adalah metode penerapan minat baca dan penyediaan ekosistem literasi. Populasi program ini adalah siswa SDN 1 Kalisalak di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Alat pengumpulkan data adalah tes minat baca dan tes kosakata. Hasil penerapan pembiasaan dalam program ini mempunyai dampak signifikan terhadap minat membaca siswa karena tersedianya ekosistem literasi yang menunjang minat membaca siswa sekaligus menjadi penunjang pembelajaran oleh guru.

Kata Kunci: Minat Membaca, literasi, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Djaali; Pudji Mulyono; dan Ramly. 2000. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. PPs UNJ. Jakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 1991. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. BPEF. Yogyakarta.

Rats, LE. Meril Harimin, and Sidney B. Simon. 1996. Valus and Teaching: Working with value in The Classroom. Columbus, Ohio: Charles E. Meril Publishing Co.

Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Bernahasa Indonesia. LPP UNS dan UNS Press. Surakarta.

Suharyanti dan Edi Suryanto. 1996. Retorika BPK Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Pengajaran Kosakata. Angkasa. Bandung.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Gaung Persada Press. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.