PAUD SEBAGAI SARANA STRATEGIS PEMBANGUNAN SDM DI PEDESAAN

Carolina M. Lasambouw, Ediana Sutjiredjeki, Neneng Nuryati, Sri Suratmi, Sri Widarti, Sardjito Sardjito, Defrianto Pratama

Abstract


Makalah ini membahas tentang penguatan dan pemberdayaan PAUD Cempaka V di Desa Sariwangi RT 01/ RW 05, Kecamatan Parompong, Bandung Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian Masyarakat untuk Desa Binaan. Tujuan kegiatan adalah untuk membangun sarana pendidikan SDM di perdesaan yang berkelanjutan dan berkualitas. Pendekatan yang digunakan adalah partisipatori aktif. Materi yang diberikan meliputi pengembangan kurikulum PAUD, metode pengajaran, bahan ajar, dan manajemen PAUD.

Kata kunci: PAUD, sarana pendidikan SDM perdesaan, berkelanjutan, berkualitas


Full Text:

PDF

References


Permendikbud 137 Tahun 2014 Standar Nasional PAUD. https://portaldik.id › assets › upload › peraturan › PER. Diakses pada 20 Juni 2019.

Permendikbud No. 146 Tahun 2014 Kurikulum PAUD.https://www.paud.id › Download Standar PAUD. Diakses pada 20 Juni 2019.

Qudshi, H. 2010. Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran yang Berbasis Perkembangan Otak.Buletin Psikologi 18(2): 91-111.

Samuelsson, I. P. dan Y. Kaga. 2008. The Contribution of Early Childhood Education to a Sustainable Society. UNESCO. Paris. 135 pp.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id. Diakses pada 20 Juni 2019.

WHO. 2019. To grow up healthy, children need to sit less and play more. https://www.who.int › Newsroom › Detail. Diakses pada 10 September 2019

Widianti, S. 2015. Penerapan metode bercerita dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak.e-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.