PERBAIKAN TEKNOLOGI ALAT PEMOTONG SINGKONG DAN SISTIM PEMBUKUAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN SRIPING SINGKONG DAN KACANG GORENG PADA USAHA “SARI RASA” DI DESA WLAHAR WETAN KECAMATAN KALIBAGOR

Endang Sriningsih, Adwi Herry Koesoema Ellyanto, Sri Widharni, Pretisila Kartika Putri

Abstract


Kecamatan Kalibagor merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas yang mempunyai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang memproduksi sriping pisang dan kacang goreng yang terbesar di Kabupaten Banyumas yaitu UKM “Sari Rasa” yang mempunyai omset paling besar dibandingkan dengan UKM-UKM lain yang ada di Kabupaten Banyumas.Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan khalayak sasaran dan effisiensi kerja khususnya dalam proses produksi usaha “Sari Rasa”, meningkatkan keterampilan khalayak sasaran dalam proses pencatatan dan pembukuan usaha, serta meningkatkan omset penjualan produk usaha “Sari Rasa” melalui pemasaran online yang semakin baik.Metode yang digunakan dalam pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khalayak sasaran dilakukan dengan pelatihan dalam proses pencatatan dan pembukuan usaha yang lebih baik dan benar. Untuk meningkatkan effisiensi kerja dan kendala kerja yang terjadi saat mati listrik, dilakukan dengan adanya genset untuk membantu usaha tetap berjalan meskipun terjadi mati listrik. Sedangkan untuk meningkatkan omset penjualan sriping singkong dan kacang goring “Sari Rasa” dengan pelatihan promosi baik perbaikan kemasan produk juga pelatihan pemasaran secara on-line.

Kata kunci : UKM, Sriping Singkong, Kacang Goreng, Sari Rasa


Full Text:

PDF

References


Andhy hartono dan Peni R Pramono. 2012.Kemasan Apik Goda Selera dan Dongkrak Penjualan, Seri UKM. PT,Elex Media Kompatindo. Kompas.

Desa Wlahar Wetan. 2016. Monografi Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas.

DEPERINDANGKOP. 2015. Jumlah UMKM yang Memproduksi Sriping Singkong Beserta Omsetnya Pada Masing Masing Kecamatan diWilayah Kabupaten Banyumas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.