ENGLISH FOR TOUR GUIDING: KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS PRAMUWISATA LOKAL KABUPATEN BANYUMAS

Mimien Aminah Sudja’i, Indah Puspitasari

Abstract


Banyumas adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Banyumas saat ini tumbuh dengan baik di berbagai aspek salah satunya di bidang pariwisata. Pariwisata memainkan aturan penting di kabupaten ini karena pariwisata menjadi salah satu andalan dari sektor pendapatan Banyumas. Seruan pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata membuat kabupaten Banyumas sangat pentinguntuk menyiapkan sumber daya manusia; terutama mereka yang memiliki kompetensi Bahasa Inggris. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan Bahasa Inggris pramuwisata lokal di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah survei dengan membagikan kuesioner berisi 25 daftar pertanyaan pilihan ganda yang meliputi (1)Using Expressions of greeting, introducing and parting, (2) Expressing numbers, (3) Describing Tourism places and giving direction, (4) Narrating story (5) Cross cultural understanding. Masing-masing tema diwakili dengan lima pertanyaan. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis butir soal yaitu menganalisis materi mana saja yang terjadi kesalahan. Dari 25 soal yang diujikan, kesalahan yang terjadi adalah pada soal no 1, 2, 3, 11, 12, 15, 16, 17, 19, 23, 24. Indikator kesulitan berdasarkan jumlah jawaban mahasiswa yang mengerjakan betul kurang dari 50 % jumlah peserta. Soal no 1,2 dan 3 berkaitan dengan materi greeting and introduction, soal 11, 12 dan 15 berkaitan dengan expressing number. Soal no 16,17,19 berkaitan dengan cross cultural understanding dan soal no 23 dan no 24 berkaitan dengan narrating story. Dari hasil analisis tersebut dan wawancara dengan mereka kesulitan yang mereka hadapai adalah berkaitan dengan keterbatasan kosakata dan pengetahuan mereka tentang Bahasa Inggris.

Kata kunci :English for Tourism, Banyumas, English for Tour Guiding,pramuwisata


Full Text:

PDF

References


Brown, Dauglas.2000. Principles of Language Learning and Teaching.Pearson Education.New York.

Burns and Joyce.1992. English for Social Purpose.Sydney. National Centre for English Language teaching and Research.Australia.

Harsono, Y.M.2007. Developing Learning Materials for Specific Purposes.Universitas Atma Jaya Jakarta. Journal TEFLIN 18 (2).

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.Jakarta.

Kuniawan, H. 2016. www.satelitpos.com. Retrieved November 23, 2017, from www.satelitpos.com: http://satelitnews.satelitpost.com/berita-tugas-dan-peran-penting-kampung-literasi-dibanyumas.html#ixzz4zbWB7U00

Pitana dan Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi.YogyakarTA.

Ratminingsih, Ni Made. 2017. English for Tour Guide : A need Analysis of a contextual-based language teaching. SHS Web of Conferences 42,00012 (2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.