PEMBERDAYAAN KADER DESA MELALUI SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP)DI KECAMATAN AJIBARANG

Dewi Mustikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Cara Kader Desa mensosialisasikan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) di kecamatan ajibarang ; (2) faktor penghambat kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) di kecamatan ajibarang; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian Kader Desa dan pemanfaat Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, dislpay data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukan: (1) Cara Kader Desa mensosialisasikan SPP dengan memberikan edukasi pengelolaan keuangan usaha dan rumah tangga. (2) faktor penghambat kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) di kecamatan ajibarang adalah banyak nya rentenir di tengah masyrakat.

Kata Kunci : Pemberdayaan, Kader Desa dan Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP)


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Didin Abdullah Ghozali, 2015. Buku 4 Penggerak Prakarsa Masyarakat Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta. Bandung.

Sumodiningrat,Gunawan, 2002. Memberdayakan Masyarakat Perencana. Kencana Nusadwina.Jakarta.

Badan Kerjasama Antar Desa. 2019. Laporan Kolektif Keuangan September Kecamatan Ajibarang,Kabupaten Banyumas :tidak diterbitkan Prasety. 2015. Konsep dan Teori Pemberdayaan Masyarakat. https://prasfapet.wordpress.com/2015/05/07/konsep-dan-teori-pemberdayaan-masyarakat/. Diakses 10 Oktober 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.