PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI DAN SUMBERDAYA MANUSIA PADA UPPKS DEWI SRI DI DESA/KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Herman Sambodo, Supadi Supadi, Kikin Windhani

Abstract


Masalah yang dihadapi UPPKS Dewi Sri adalah kondisi dapur yang masih berlantai tanah, daya listrik yang tidak memadai, spinner yang tak layak pakai, dan minimnya keterampilan yang dimiliki anggota UPPKS Dewi Sri. Metode yang digunakan adalah penyemenan dapur, pemasangan dastang listrik, hibah spinner, dan pelatihan diversifikasi produk. Penyemenan lantai dapur meningkatkan kenyamanan kerja dan higienitas. Pemasangan dastang listrik dan spinner mampu meningkatkan produksi dan omset UPPKS Dewi Sri. Selain itu, pelatihan diversifikasi produk juga menambah produk yang dimiliki UPPKS Dewi Sri seperti klathak, pisang koin, dan abon lele. Penyemenan lantai, peningkatan daya listrik dan hibah spinner meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing.

Kata kunci: pengembangan sumberdaya manusia, peningkatan kapasitas produksi, usaha mikro


Full Text:

PDF

References


Hadi, Dwi Prasetyo. 2015. Strategi pemberdayaan masyarakat pada usaha kecil dan menengah berbasis sumber daya lokal dalam rangka Millenium Development Goals 2015 (Studi kasus di PNPM-MP Kabupaten Kendal). Jurnal Ilmiah CIVIS 5(1): 725-736.

Istiqomah, Krisnhoe Rachmi Fitrijati, Uswatun Hasanah. 2016. Peningkatan kapasitas usaha mikro olahan pangan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. EcceS 392): 32-42.

Karsidi, Ravik. 2007. Pemberdayaan masyarakat untuk usaha kecil dan mikro (Pengalaman empiris di wilayah Surakarta Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan 3(2): 136-145.

Kusuma, Parama Tirta Wulandari Wening. 2012. Analisis kelayakan finansial pengembangan usaha kecil menengah (UKM) nata de coco di Sumedang, Jawa Barat. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 1(2): 113-120.

Maligan, Jaya Mahar dan M. Bagus Hermanto. 2017. Mekanisasi teknologi pengolahan pangan pada usaha olahan tepung beras dan kasava di Kabupaten Blitar. Jurnal Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian 8(1): 29-38.

Wijayanti, Novita dan Indria Purwantiningrum, 2016. Peningkatan efisiensi dan kapasitas produksi pada proses pengolahan saambel pecel, keripik tempe dan keripik singkong. Jurnal Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian7(3): 131138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.