PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 (K 13) UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKWALITAS DI MI ALITTIHAAD PASIR KIDUL

Ulul Huda, Tenang Haryanto, Budiman Budiman, Setyo Haryanto

Abstract


Kurikulum 2013 di lembaga pendidikan bertujuan untuk memandu sekolah dalam penyelenggaraan proses pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013 di lembaga pendidikan menitik beratkan pada penggunaan pendekatan saintifik, penilaian autentik dan tematik integratif dengan harapan akan terlahir peserta didik yang kritis sekaligus kreatif yang sesuai dengan perkembangan zaman. Namun terdapat beberapa kendala strategis dalam implementasi 2013. Kendala strategis itu juga dialami MI al-Ittihaad Pasir Kidul. Adapun kendala yang muncul, seperti; minimnya kualitas sumber daya manusia sebagai pelaksana Kurikulum 2013, minimnya sumber belajar Kurikulum 2013, dan minimnya kompetensi guru dalam menyusun administrasi pembelajaran berdasar Kurikulum 2013. Olehkarenanya, pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dalam bingkai pendampingan perlu diselenggarakan untuk membantu sekolah atau lembaga pendidikan dimaksud. Metode yang diaplikasikan dalam pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI al-Ittihad yaitu; Focus Grup Discussion (FGD), belajar mandiri, ceramah dan diskusi. Adapun hasil yang dicapai dari pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI al-Ittihaad ialah guru menguasai dan dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MI al-Ittihaad Pasir Kidul. Indikator pencapaiannya adalah para guru dapat menyusun dokumen implementasi Kurikulum 2013 dan dapat melaksanakan pembelajaran sesuai perencanaan, sesuai proses dan sesuai hasil yang tertuang pada Kurikulum 2013.

Kata kunci: Guru, Kurikulum 2013, MI al-Itiihaad.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan 8(2 ): 103-104.

Buhungo, Ruwiah Abdullah. 2015. Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (1): 106-107.

Elwien Sulistya Ningrum dan Ahmad Yusuf Sobri. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan 24(5): 419.

Haslina, dkk.2017. Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 5(4): 213.

Ningsih, Rakhmi. 2015.Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Sawit Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Shawmi, Ayu Nur. 2016. Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam Kurikulum 2013. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3(1): 125.

Sri Budiani, dkk,. 2017. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. IJCET 6(1): 46.

Sunhaji. 2014. Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru). Jurnal Kependidikan II 1: 145.

Tim Redaksi Pustaka. 2013.Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013.Pustaka Yustisia. Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.