PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SMA KELAS X SEMESTER 1 KD 3.7 DAN 4.7 BERBASIS CERITA RAKYAT KABUPATEN BANJARNEGARA

Nia Ulfa Martha, Novita Pri Andini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA kelas X semester 1 KD 3.7 dan 4.7 berbasis cerita rakyat Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan teknis analisis deskriptif kualitatif. Dari kegiatan validasi bahan ajar oleh ahli materi, ahli media, guru bidang studi bahasa Indonesia sebagai ahli pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA kelas X semester 1 KD 3.7 dan 4.7 berbasis cerita rakyat Kabupaten Banjarnegara termasuk kategori valid dan layak untuk digunakan. Adapun persentasenya sebagai berikut. Menurut ahli materi bahan ajar memiliki persentase tingkat kevalidan 88,5% dengan kategori valid, menurut ahli media bahan ajar memiliki persentase tingkat kevalidan 80% dengan kategori valid, menurut ahli pembelajaran yakni guru bidang studi bahasa Indonesia bahan ajar memiliki persentase tingkat kevalidan 83,7% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian menurut siswa kelas X SMA Muhammadiyah Banjarnegara sebagai pengguna, bahan ajar ini sangat memudahkan siswa dalam memahami tentang cerita rakyat. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengisian angket tentang respon siswa kelas X terhadap bahan ajar hasil pengembangan yang memiliki persentase kevalidan 91,5%.


Kata kunci: Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Cerita Rakyat.


Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. ArRuzz Media. Jogjakarta.

Asep, Herry Hermawan dkk. 2012. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.

Patria Bekti. 2013. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.

https://bektipatria.wordpress.com/2013/10/27/mata-pelajaran-bahasa-indonesia-dalamkurikulum-2013.

Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan AjarBerbasis Kompetensi. PT Elex Media Kompetindo. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.