STRATEGI OPTIMALISASI PEMANFAATAN E-MARKETING DALAM PEMASARAN DESA WISATA KARANGSALAM

Bambang Bambang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi optimalisasi pemanfaatan metode pemasaran online berbasis internet (E – Marketing) bagi pengembangan desa wisata di Desa Karangsalam. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan e-marketing dalam pemasaran desa wisata karangsalam adalah strategi yang bersifat agresif. Strategi agresif ini dapat dilakukan
oleh pelaku wisata di Desa Karangsalam dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki guna menangkap peluang yang ada.

Kata Kunci: desa wisata, karangsalam, SWOT, e-marketing


Full Text:

PDF

References


Chariri, Anis. 2009. Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 31 Juli – 1 Agustus 2009.

Gunawan. 2004. Makalah untuk Pertemuan Dosen UKDW yang akan melaksanakan penelitian pada tahun 2005, URL : http://uny.ac.id, accesed at 19 Mei 2007, 15.25 WIB.

Madya, S. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Alfabeta. Bandung.

Soesilo, I Nining. 2002. Manajemen Stratejik di Sektor Publik (Pendekatan Praktis) Buku II. Universitas Indonesia. Jakarta.

Suhaimi, Uzair. 2011. Data Potensi Desa: Ilustrasi Pemanfaatan untuk Identifikasi Awal Wilayah Rawan Bencana. Makalah Rapat Kegiatan Data Base Sarana dan Prasarana Pnecegahan dan Penanggulangan Bencana, Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri Jakarta 7 -8 Februari 2011.

Sumarwoto. 2019. Gubernur Jateng kagumi Desa Wisata Karangsalam Banyumas. Artikel koran, dapat diakses di https://www.antaranews.com/berita/1136816/gubernur-jateng-kagumidesa-wisata-karangsalam-banyumas.

Susyanti, Dewi Winarni. 2013. Potensi Desa Melalui Pariwisata Pedesaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1) : 33 – 36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.